Rabu 18 Desember 2019, 18:47 WIB

Banjir sudah Terjadi, Pemprov DKI akan Lakukan Perbaikan

Selamat Saragih | Megapolitan
Banjir sudah Terjadi, Pemprov DKI akan Lakukan Perbaikan

Antara
Kendaraan melintasi banjir di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

 

KEPALA Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta, Juaini Yusuf, mengatakan, genangan air yang muncul di sejumlah ruas jalan di wilayah Jakarta saat hujan pada Selasa (17/12), disebabkan oleh kurangnya jumlah tali air. Bahkan mulut sumber pembuangan air ke saluran banyak yang mengecil.

"Kemarin kebetulan hujannya cukup tinggi, intensitasnya lama juga hampir dua jam. Kebetulan memang di situ ada beberapa titik, mulut air kami kurang banyak, kurang lebar, sehingga air itu mengantre di lokasi itu," ujar Juaini saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/12).

Baca juga:GBK Tergenang, Dinas SDA Perbaiki Tali Air

Juaini menambahkan, saluran-saluran air yang ada sebenarnya berfungsi dengan baik. Namun, dia mengakui ada sejumlah saluran air yang kurang lebar.

Karena itu, lanjutnya, saat curah hujan tinggi dan intensitasnya lama, air hujan menggenangi ruas jalan tersebut.

"Salurannya tidak bermasalah. Kemarin, di lokasi itu salurannya tidak penuh, justru penuhnya di badan jalan. Air masuk ke mulut air itu antre karena mulut airnya cuma satu kurang lebar," katanya.

Dinas Sumber Daya Air, lanjut Juaini, akan menambah tali air di sejumlah ruas jalan di Jakarta yang sempat tergenang. Tali air yang sudah ada juga akan dilebarkan.

"Kami memang harus menambah saluran air, melebarkan mulut air. Kalau itu kami kerjakan, Insya Allah sudah tidak ada genangan lagi di lokasi itu," ungkap Juaini.

Revitalisasi trotoar
Selain kurang banyak dan kurang lebarnya saluran air, lanjut Juaini, proyek revitalisasi trotoar juga menyebabkan genangan air seperti di Jl Satrio, Jakarta Selatan.

Menurut Juaini, genangan disebabkan masih adanya bahan-bahan material di lokasi revitalisasi trotoar.

"Karena lagi proses pekerjaan, mungkin ada beberapa bahan-bahan materialnya yang masih ada di lokasi, bisa juga mengakibatkan saluran tersumbat, mulut-mulut air tersumbat," ujar Juaini. (Ssr/A-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More