Rabu 18 Desember 2019, 17:07 WIB

Jakarta Kebanjiran, Pemprov DKI: Karena Air Ngantre Terlalu Lama

Yanti Nainggolan | Megapolitan
Jakarta Kebanjiran, Pemprov DKI: Karena Air Ngantre Terlalu Lama

Antara
Kendaraan melintasi banjir di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

 

KEPALA Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Subejo mengungkapkan dua alasan area Senayan tergenang air.

"Pertama, curah hujan tinggi. Air ngantre terlalu lama," ujar dia saat dihubungi, Rabu (17/12).

Ia menjelaskan volume air tak sebanding dengan mulut tali air menuju ke saluran penghubung. Namun, ia tak menampik jika sampah penyebab lainnya.  "Iya, bisa juga ada sumbatan, mungkin karena sampah," tambah dia.

Subejo menambahkan, BPBD saat ini siap siaga memantau 25 area rawan banjir. Dua di antaranya adalah bantaran Sungai Ciliwung dan cekungan di area Petogogan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf menyebut penyebab genangan air tinggi di area Senayan adalah volume air membeludak. "Penyebabnya antrean air yang masuk ke mulut air," ujar dia.

Ia menjelaskan drainase vertikal sudah dibangun di area Senayan dan dirasa masih kurang. Nantinya akan penambahan drainase vertikal lagi untuk memperkecil risiko genangan air.

Hujan deras di area Senayan menyebabkan jalan tergenang air hingga setinggi 10-30 cm. Menurut Juaini, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga genangan surut. (X-15)

Baca juga: Pemprov DKI Pasang lagi Pohon Plastik, Netizen: Oh Boi

Baca juga: Trotoar dan Kontur Jalan Cekung Penyebab Genangan di Jakarta

Baca juga: Antisipasi Genangan, Pemprov DKI Periksa Saluran Air

Baca juga: Jokowi Minta Waduk Dikeruk, Dinas SDA: Sudah Dikeruk Sejak Juni

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More