Rabu 18 Desember 2019, 16:49 WIB

Komnas HAM Pastikan Warga di Dharmasraya sudah Boleh Bernatalan

Usman Kansong | Politik dan Hukum
Komnas HAM Pastikan Warga di Dharmasraya sudah Boleh Bernatalan

Antara
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik

 

KETUA Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan sudah ada kesepakatan bagi warga Kristiani di dua Kabupaten di Sumatra Barat untuk merayakan Natal.

Sebelumnya, seluruh umat Kristiani di Sungai Tambang, Kabupaten Sijunjung, dan Jorong Kampung Baru, Kabupaten Dharmasraya, Sumbar dilarang menggelar ibadah dan perayaan Natal 2019.

Pemerintah setempat beralasan, perayaan Natal dilarang di dua lokasi itu karena tidak dilakukan pada tempat ibadah pada umumnya.

Komnas HAM kemudian menghubungi Kapolda Sumbar dan Gubernur Sumbar terkait adanya pelarangan perayaan natal di dua kabupaten di Sumbar.

"Baru saja dapat laporan Kepala Perwakilan Komnas HAM Padang, bupati sudah turun berdialog dengan para pihak, sudah ada kesepakatan dengan warga untuk merayakan Natal," kata Taufan.

Namun, menurut Taufan, kesepakatan ini bersifat sementara. "Ada 20 kepala keluarga yang minta bantuan tempat ibadah dan pengamanan. Sudah disetujui pemda dan polisi. Ini tentu masih penyelesaian sementara, soal utamanya umat Kristen ini kan butuh izin membangun rumah ibadah permanen," ujar Taufan. (X-15)

Baca juga: Komnas Hubungi Kapolda dan Gubernur Sumbar Soal Larangan Natalan

Baca juga: Ini Kronologi Pelarangan Misa Komunitas Katolik di Dharmasraya

Baca juga: Warna-warni Indonesia di Dharmasraya

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More