Rabu 18 Desember 2019, 14:27 WIB

Jokowi Minta Waduk Dikeruk, Dinas SDA: Sudah Dikeruk Sejak Juni

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Jokowi Minta Waduk Dikeruk, Dinas SDA: Sudah Dikeruk Sejak Juni

MI/ Insi Nantika Jelita
Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf.

 

KEPALA Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf menyebut waduk-waduk serta saluran air di Jakarta sudah dikeruk secara rutin bahkan sejak pertengahan tahun.

Hal itu disampaikannya dalam menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo pagi ini yang menyebut bahwa untuk menanggulangi banjir, harus ada normalisasi sungai serta pengerukan waduk.

Juaini menyebut satgas-satgas Dinas SDA DKI telah rutin untuk membersihkan saluran bahkan di saluran yang berada di lingkungan permukiman warga.

"Kita sudah dari Juni. Pengerukan sudah jalan terus dan memang udah rutin mereka satgas. Jadi tidak harus menunggu musim hujan baru dikeruk, enggak sebelum-belumnya sudah dikeruk karena sudah tugas rutin," ungkap Juani saat dihubungi, Rabu (18/12).

Waduk-waduk yang baru dibangun pun saat ini sudah siap untuk menampung limpasan air hujan di antaranya Waduk Pondok Ranggon, Waduk Kampung Rambutan 1-2, Waduk Sunter, dan Waduk Cimanggis.

Selain pengerukan di waduk yang baru dibangun yang terus dilanjutkan untuk menjaga daya tampungnya, pengerukan juga diteruskan di waduk-waduk serta sungai yang sudah ada di lima wilayah.

"Kita pengerukan jalan terus meski tanpa disuruh pun sudah jalan. Karena kan memang itu sudah tugas kita," tuturnya.

Sementara itu, untuk normalisasi sungai baru bisa dilakukan tahun depan."Anggarannya dialihkan ke tahun depan dan itu dikerjakan oleh BBWSCC," tegasnya.(Put/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More