Rabu 18 Desember 2019, 11:47 WIB

Harga Bawang Merah dan Cabai Rawit di Karawang Naik

Cikwan Suwandi | Nusantara
Harga Bawang Merah dan Cabai Rawit di Karawang Naik

MI/Cikwan Suwandi
Satgas Pangan Karawang melakukan sidak di Pasar Johar, Rabu (18/12/2019).

 

KELANGKAAN komoditas di wilayah sentra produksi, menyebabkan harga bawang merah, cabai rawit  melonjak naik di Karawang, Jawa Barat menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dalam inspeksi dadakan yang dilakukan oleh Satgas Pangan Karawang bersama Tim Pengawasan Pangan Terpadu setempat di Pasar Johar, bakal menyelidiki adanya dugaan penimbunan kelangkaan komoditas.

"Kita selidiki dahulu, tadi para pedagang mengeluh adanya kelangkaan pengiriman dari daerah sentra. Kami akan melakukan pengecekan," ungkap Ketua Satgas Pangan Karawang, Kompol Ryky Muharam yang juga menjabat sebagai Wakapolres Karawang di sela melakukan sidak di Pasar Johar, Rabu (18/12/2019).

Sementara itu Sekretaris Tim Pengawasan Pangan Terpadu Karawang, Kadarisman mengatakan kenaikan juga terjadi pada komoditas telor dari Rp22.000 menjadi Rp26.000 perkilogram  Kemudian bawang merah dan cabai rawit merah yang terjadi kenaikan tinggi kisaran Rp35.000 perkilogram dari sebelumnya Rp25.000 perkilogram.

"Tetapi meskipun naik, saat ini masih relatif normal," kata Kadarisman yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pangan Karawang.

Kadarisman menegaskan pihaknya tetap melakukan pemantauan setiap hari fluktuasi harga-harga menjelang Nataru.

baca juga:

"Kita punya data setiap Banyuwangi Waspadai Banjir hari, jadi nanti bisa kita prediksi harga yang bakal terus melonjak yang mana,," terangnya.

Ketika kenaikan harga semakin meroket, lanjut Kadarisman, pihaknya akan segera meminta bantuan Bulog, Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Daerah untuk melakukan stabilisasi harga melalui operasi pasar murah (OPM). (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More