Rabu 18 Desember 2019, 10:20 WIB

Stasiun Sudirman Ramah Lingkungan

Indriyani Astuti | Megapolitan
Stasiun Sudirman Ramah Lingkungan

MI/ADAM DWI
Dirut PT KCI Wiwik Widayanti (kiri) bersama Kepala Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan Kemen Lingkungan dan Kehutanan Noer Adi W.

 

STASIUN Sudirman di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, ditetapkan menjadi satu dari tiga stasiun ramah lingkugan. Dua stasiun lainnya ialah Klender dan Jurangmangu. Tiga stasiun tersebut menjadi tempat belajar bagi stasiun dan fasilitas publik lain agar menjadi ramah lingkungan.

Stasiun Ramah Lingkungan itu digagas PT Kereta Commuter Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan (Pustanlinghut) KLHK Noer Adi Wardojo mengatakan konsep penerapan Stasiun Ramah Lingkungan tidak hanya terfokus pada perbaikan sarana dan manajemen, tetapi juga edukasi kepada pengguna stasiun, yaitu penumpang, pemilik toko, dan semua petugas stasiun terkait perilaku ramah lingkungan.

Standar yang dimaksud meliputi efisiensi air, yaitu penggunaan toilet hemat air, edukasi hemat air, dan pembuatan biopori.

Selain itu, efisiensi energi, seperti efisiensi penggunaan kipas angin, alur pejalan kaki di eskalator, penggunaan lampu LED, penggunaan energi terbarukan dari solar panel, edukasi bidang energi.

Lalu pengelolaan sampah, seperti penyediaan fasilitas pemilahan dan pengangkutan sampah terpilah, serta edukasi di bidang persampahan, penghijauan, dan penyampaian informasi dan edukasi untuk perilaku ramah lingkungan kepada pengguna kereta commuter.

"Ini amanah Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P90 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Masyarakat pada Pos-Pos Fasilitas Publik dalam Rangka Peningkatan Kualitas Lingkungan," ucap Noer di Stasiun Sudirman, Jakarta, kemarin.

Nantinya, di Stasiun Sudirman akan diterapkan efisien energi seperti stasiun pengisian baterai telepon seluler yang energinya berasal dari panel surya, ada timer untuk penggunaan listrik, meminimalkan penggunaan air, dan edukasi mengenai pengurangan sampah pada pengguna commuter. (Ind/J-2)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menhub Wanti-wanti Arus Balik Libur Panjang pada 1 November

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 17:57 WIB
PT KAI Daop I Jakarta sudah memberangkatkan total 9.563 penumpang dengan 11 perjalanan kereta api per hari dari Stasiun Pasar...
MI/Dede Susianti

Menanti Asa Kolaborasi Manis Bisnis Petrashop

👤Dede Susianti 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:08 WIB
Saat itu, Pertamina menawarkan peluang kerja sama kemitraan bisnis Pertashop kepada pemerintah Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang,...
ANTARA/Moch Asim

Anies Harap Perayaan Maulid Nabi Diikuti Protokol Kesehatan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:54 WIB
Usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat menghadapi libur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya