Rabu 18 Desember 2019, 08:20 WIB

Waspadai Hujan Disertai Angin dan Petir

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
 

BARU memasuki awal musim hujan sudah terdapat 19 titik banjir mengepung Jakarta. Sebanyak 4 titik terdapat di wilayah Jakarta Pusat, 3 di Jakarta Barat, 7 di Jakarta Selatan, dan 5 di Jakarta Timur. Salah satu kawasan yang terendam banjir ialah Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Hujan deras yang turun disertai petir dan angin itu menyebabkan banjir setinggi 10-60 cm. Akibatnya, banyak kendaraan roda dua dan empat terendam dan tidak bisa lewat.

Kemacetan pun terjadi di sejumlah wilayah karena para pengendara mencari jalur alternatif agar terhindar dari banjir.

Pihak PT MRT juga terpaksa menutup pintu eskalator di enam stasiun moda raya terpadu (MRT) karena air menggenangi pintu masuk stasiun.

Keenam stasiun MRT yang ditutup ialah Stasiun Bundaran HI, Senayan, Istora, Setiabudi, Bendungan Hilir, dan eskalator pintu D Stasiun Dukuh Atas BNI.

Meskipun akses eskalator ditutup, menurut akun Twitter @mrtjakarta, pihak MRT memastikan operasional kereta tetap berjalan.

Dalam menghadapi banjir, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Subejo, mengatakan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI yang dibantu para petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan segera mengatasi banjir tersebut.

"Dinas SDA menyiapkan 122 pompa mobile dan 474 pompa stasioner yang tersebar di 165 lokasi," ujarnya.

Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Juaini, dalam keterangan resminya mengatakan bahwa 2 jam pascahujan deras itu, banjir di beberapa titik tersebut mulai surut.

"Kami menggelar Operasi Siaga Ibu Kota seusai hujan mengguyur Jakarta. Satgas SDA kecamatan menuju lokasi melakukan penanganan genangan, dengan penyedotan menggunakan pompa," jelasnya.

Di Depok dan sekitarnya, hujan deras yang turun selama 10 menit juga menyebabkan sejumlah ruas jalan di kota itu langsung tergenangi banjir dengan ketinggian mencapai sekitar 60 cm.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resmi mereka mengeluarkan peringatan dini tentang kondisi cuaca hujan disertai angin dan petir di sejumlah wilayah di DKI Jakarta. (Ins/Ssr/Sru/Tri/KG/X-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More