Rabu 18 Desember 2019, 06:40 WIB

AS Dakwa WNI karena Langgar Sanksi Iran

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Dakwa WNI karena Langgar Sanksi Iran

AFP/GIUSEPPE CACACE
Maskapai penerbangan Iran Mahan Air

 

DEPARTEMEN Kehakiman Amerika Serikat (AS), Selasa (17/12), mendakwa seorang warga negara Indonesia (WNI) karena melanggar sanksi terhadap Iran dengan memasok sparepart pesawat baru dan refurbished untuk maskapai penerbangan 'Negeri Para Mullah' itu, Mahan Air.

Presiden Direktur PT MS Aero Support Sunakro Kuntjoro, WNI tersebut, mengekspor sparepart pesawat terbang buatan AS ke Mahan Air antara 2011 dan 2018. Aksi itu melanggar sanksi AS terhadap Iran.

Sunakro juga mengirimkan sparepart pesawat milih Mahan Air ke AS untuk diperbaiki dan kemudian diterbangkan kembali ke Iran.

Dakwaan itu mencakup delapan pelanggaran yang mencakup pelanggaran sanksi, pencucian uang, dan pemberian pernyataan palsu terhadap Sunakro, PT MS Aero Support, dan dua perusahaan terkait asal Indonesia.

Baca juga: Terancam Dimakzulkan, Popularitas Trump Malah Meningkat

Sunakro mendapatkan keuntungan jutaan dolar dari Mahan Air karena bisa memperbaiki sparepart pesawat milik maskapai penerbangan itu di AS.

Dia menyembunyikan keterkaitan Iran dalam aksinya dengan mengirimkan sparepart pesawat terbang itu melalui Singapura, Hong Kong, dan Thailand.

Sanksi dan embargo perdagangan AS terhadap Iran melarang pengiriman produk AS ke Iran tanpa izin dari Departemen Keuangan AS.

Departemen Keuangan menjatuhkan sanksi terhadap Mahan Air pada 2011 karena keterkaitan maskapai penerbangan itu dengan Garda Revolusi Iran.

Salah satu maskapai utama Iran itu menggunakan sejumlah pesawat produksi Boeing dan saat ini kesulitan beroperasi karena minimnya sparepart. (AFP/OL-2)

Baca Juga

AFP/Anthony WALLACE

Kasus Covid-19 Meningkat, Tempat Hiburan di Hong Kong Tutup 7 Hari

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 25 November 2020, 09:45 WIB
Pertunjukan musik dan tari di semua restoran juga dilarang dan penghuni kamar hotel akan...
AFP/JOEL SAGET

AS Siapkan 6,4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Tahap Pertama

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 25 November 2020, 09:34 WIB
64 yurisdiksi di seluruh AS - termasuk 50 negara bagian, wilayah seperti ibu kota Washington dan Puerto Rico serta reservasi Indian -...
AFP/Pascal POCHARD-CASABIANCA

Prancis akan Akhiri Lockdown pada 15 Desember

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 25 November 2020, 08:38 WIB
Beberapa saat sebelum pidato presiden, Badan Kesehatan Prancis melaporkan 458 kematian baru akibat covid-19 selama 24 jam terakhir,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya