Selasa 17 Desember 2019, 21:58 WIB

Penangkar Bawang Putih Temanggung Diminta Siap Bersaing

Toshi Wicaksono | Nusantara
Penangkar Bawang Putih Temanggung Diminta Siap Bersaing

MI/Tosiana Wicaksono
Tanam bawang putih

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) mengingatkan para penangkar bawang putih di wilayah Temanggung, Jawa Tengah agar menjaga kualitas produksi agar dapat bersaing dengan produk luar negeri.

Apalagi Temanggung dinilai memiliki potensi besar menjadi pemasok benih bawang putih di seluruh Indonesia.

"Jadi jangan sampai mencampur benih bawang putih yang siap tanam dengan yang belum ini akan mecederai penangkar benih di Temanggung," kata Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian, Sukarman, usia tanam serempak bawang putih di Desa Tuksari, Kecamatan Kledung, Temanggung, Selasa (17/12).

Menurut Sukarman,Temanggung diandalkan menjadi sentra bawang putih terbesar dan menjadi pemasok bawang untuk hampir seluruh daerah di Indonesia.

Benih yang dikembangkan di daerah ini juga berasal dari jenis berkualitas, yakni lumbu kuning dan lumbu hijau.

"Temanggung jadi andalan kita untuk sentra bawang putih karena sebagian produksinya untuk benih sepanjang memenuhi persyaratan," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung, Masrik Amin Zuhdi menyebutkan, pada 2019 daerahnya mampu menanam 1.300 hektare dan mempunyai benih bawang putih sekitar 5.500 ton bawang putih. Jumlah ini mencukupi kebutuhan bawang untuk seluruh Indonesia.

"Daerah kami juga mempunyai potensi 10 ribu hektare lahan yang bisa ditanami bawang putih," katanya. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More