Selasa 17 Desember 2019, 21:12 WIB

Tertutup Longsor, Jalan Nasional Putus Total

Lilik Darmawan | Nusantara
Tertutup Longsor, Jalan Nasional Putus Total

Ilustrasi
Longsor

 

JALAN nasional penghubung Purwokerto-Semarang terputus di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) tepatnya di Desa Prigi, Kecamatan Sigaluh putus total, Selasa (17/12) sekitar pukul 16.00 WIB.

Peristiwa tersebut terjadi karena tanah longsor dari perbukitan di pinggir jalan. Hingga jam 19.00 WIB, alat berat sudah dikerahkan untuk menyingkirkan longsoran.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Arief Rahman mengatakan, bahwa pihaknya telah mengerahkan tiga alat berat dan empat dump truk untuk menyingkirkan longsoran.

''Material tanah yang menutup jalan nasional cukup banyak, sehingga sampai sekarang belum terbuka. Kami masih terus bekerja menyingkirkan longsoran tanah,'' kata Arief.

Menurutnya, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah setempat dan memicu longsor perbukitan.

''Material longsor kemudian menutup jalan nasional sehingga mengakibatkan kemacetan panjang. Kemacetan kemungkinan mencapai 4-5 km. Polisi telah melakukan pengaturan jalan. Kendaraan dialihkan ke jalur alternatif,'' ujarnya.

Kendaraan yang dialihkan jalur alternatif merupakan kendaraan dari arah Wonosobo menuju ke Banjarnegara atau sebaliknya.

Salah seorang warga Banjarnegara, Syarif, mengatakan meski telah melalui jalur alternatif, tetapi dirinya juga terjebak kemacetan.

''Kendaraan yang lewat jalan alternatif mengalami kemacetan juga,'' ujarnya. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More