Selasa 17 Desember 2019, 20:00 WIB

Tarik Wisatawan Lewat Ajang Road to Bodur Fest 2020

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Tarik Wisatawan Lewat Ajang Road to Bodur Fest 2020

Dok. BWJ
Pelaksanaan Road to Bodur Fest 2020 di Tanjung Lesung

 

UPAYA menarik wisatawan domestik maupun mancanegara untuk mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Banten, terus diupayakan oleh PT. Banten West Java (BWJ) yang mengelola kawasan di ujung barat Pulau Jawa itu.

Salah satu caranya ialah dengan menggelar Bodur Fest, yaitu festival kuliner dan olahraga yang akan diadakan pada 2020 nanti. BWJ pun telah menggelar rangkain event bertajuk Road to Bodur Fest 2020 pada akhir pekan lalu..

Managing Director PT BWJ Rully Lasahido menjelaskan, Bodur Fest 2020 akan terdiri dari tujuh komponen, yaitu Frui, Suwe Ora Jamu, Indonesian Tempe Movement, Hanif Kamal, Uki Bas, Sea Kayak Indonesia, Stand Up Paddle Indonesia, dan Kaniki.

"Road to Bodur Fest 2020 kami buat untuk menciptakan pengalaman baru yang menyenangkan dan unik bagi para treveler masa kini dalam mencari destinasi baru," kata Rully dalam keterangan tertulisnya.

Di ajang Road to Bodur Fest 2019, para peserta disuguhkan dengan rangkaian program gaya hidup sehat yang menggabungkan beragam aktivitas olahraga outdoor, musik, makanan serta minuman sehat.

Baca juga : Susi Pudjiastuti Puji Pemulihan Tanjung Lesung Pascatsunami

Beberapa kegiatan yang ditampilkan ialah Yoga, Kayak, Stand Up Paddleboard, Perahu Layar, hingga Kitesurfing.

Kegiatan yoga yang dilakukan juga diiringi sound healing dari seniman suling bambu profesional, Uki Bas.

Kegiatan sepanjang 3 hari 2 malam itu juga diiringi menu makanan dan minuman sehat hasil kolaborasi produk terbaik dari Indonesia seperti, Frui, Suwe Ora Jamu, dan Indonesian Tempe Movement.

Kegiatan ini juga didukung oleh komunitas Stad-Up Paddle Indonesia, Sea kayak Indonesia, serta Kaniki sebagai pengelola acara.

Rully berharap Road to Bodur Fest 2020 akan melengkapi kagiatan sport tourism di Tanjung Lesung.

"Nantinya Bodur Fest akan melanjuti kesuksesan Rhino X Triathlon yang sudah digelar 3 (tiga) kali berturut-turut dari tahun 2017," terang Rully.

Pada kesempatan Road to Bodur Fest 2019, PT Banten West Java (BWJ) juga meluncurkan produk layanan digital bernama Experience Tanjung Lesung.

Experience Tanjung Lesung adalah sebuah konsep web-base e-commerce yang akan menginformasikan hingga menjual paket wisata dan keindahan budaya di sekitar maupun di KEK Tanjung Lesung itu sendiri.

"Experience ini baru kita launching tanggal 10 Desember kemarin, di dalamnya bukan hanya aktivitas saja tetapi juga termasuk kuliner," kata Rully.

Secara keseluruhan, lanjut Rully, memang layanan ini masih beta (belum sempirna), tetapi sudah bisa bertransaksi. "sambil jalan kita akan lengkapi, di awal tahun depan, web-base ini akan menjadi mobile apps," terangnya.

Dijelaskan Rully, dengan mudahnya mendapatkan informasi dari internet, para treveller cenderung memilih aktivitas dari tempat liburan yang dituju sebelum akhirnya memilih hotel sebagai second home selama liburan.

"Untuk itu, kami ingin menonjolkan experience terlebih dahulu, dengan begitu para tamu yang hadir akan menjadi jatuh cinta dengan situasi baru, kemudian mereka akan beli properti disini," jelas Rully.

Baca juga : Anggota TNI AD asal Papua Juarai Rhino X Triathlon Tanjung Lesung

Rully berharap melalui layanan produk baru ini, para traveller domestik dan internasional akan dimanjakan dalam mem-booking atau memesan beragam aktivitas seru yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Hurcahyati menyambut baik acara Road to Bodur Fest 2020 yang digelar oleh BWJ.

Menurutnya, kegiatan ini akan membangkitkan pariwisata klhususnya di Tanjung Lesung pascabencana alam yang terjadi setahun kemarin.

Dalam kegiatan Roda to Bidur Fest 2010, tambah Eneng, para peserta juga dimanjakan dengan segudang kegiatan pengalaman terbaik serta pengetahuan yang berkaitan dengan health & lifestyle.

"Dan ini akan menambah daya tarik pariwisata di Banten, dan Tanjung Lesung pada khususnya," terang Eneng. (RO/OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Pemerintah Apresiasi Kampanye Warganet Perangi Covid-19

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 02 April 2020, 20:46 WIB
Pemerintah menyampaikan apresiasi tinggi terhadap upaya yang telah dilakukan masyarakat secara mandiri untuk mengajak orang di sekitarnya...
MI/Bary Fatahilah

Perpanjangan Masa Studi Mahasiswa Hampir DO Dinilai Masih Kurang

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 02 April 2020, 20:45 WIB
Totok Amin Soefianto menilai kebijakan pemerintah memberi keringanan bagi mahasiswa yang hampir drop out (DO) berupa perpanjangan selama...
Antara

Tiga Hari Kedepan, Hujan Lebat dan Angin Kencang Landa Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 02 April 2020, 20:38 WIB
BMKG memprediksi dalam tiga hari kedepan yakni 2 April – 4 April 2020 di beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat disertai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya