Selasa 17 Desember 2019, 19:07 WIB

Pemprov DKI Siagakan Petugas di Sejumlah Sungai Besar

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Pemprov DKI Siagakan Petugas di Sejumlah Sungai Besar

MI/ Tri Subarkah
Situasi pintu air manggarai sore ini, Selasa (17/12)

 

PEMPROV DKI Jakarta menyiapkan petugas siaga banjir di sejumlah di titik krusial, yakni di sungai-sungai besar. Petugas juga bersiaga di titik-titik yang sudah tergenang banjir.

"Petugas kami sudah siap. Bahkan sebelum hujan besar sudah menyiapkan pasukan di titik krusial di sungai besar terutama pintu air Manggarai. Kemudian di Sungai Ciliwung, Pesanggrahan, Krukut dan Kalibaru Timur," jelas Andono saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/12)..

Petugas tersebut memiliki tugas yang berbeda, misalnya menjaga dan memantau pompa, dan membersihkan saluran air. Andono juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan regu piket yang standby selama 24 jam.

"Ada regu piket baik di lapangan maupun command center. Semua aktif. Petugas kami sudah siap di lapangan. Baik personel maupun alatnya. Bahkan sebelum hujan, setiap pekan kami lakukan kerja bakti rehearsal di lapangan supaya tetap siaga yang tinggi," terang Andono.

 

Baca juga: Hujan Deras, Tol Dalam Kota Banjir

Baca juga: Hujan Deras di Jakarta, MRT Tutup Eskalator Enam Stasiun

Ia menambahkan di Sungai Ciliwung misalnya, pihaknya menyiapkan 200 personel yang terbagi dalam tiga shif selama 24 jam tersebut. Selain itu, Dinas LH juga menyiapkan 134 truk pengangkut sampah.

"Belum lagi dibantu truk SDA yang biru. Truk itu akan ditempatkan di pintu air.  Kita sudah koordinasi dengan kepala Dinas SDA kalau kami butuh bantuan armada, mereka sudah siapkan," ucap Andono.

Saat curah hujan tinggi, jelasnya, ada penambahan volume sampah di pintu air sungai. Ia mengatakan pada saat hujan besar di awal Oktober lalu, sekitar 200 truk mengangkut sampah-sampah yang menumpuk di sungai.

"Padahal kalau hari biasa biasanya cuma 3 truk. Di pintu air Manggarai yang tertahan disitu (sampahnya). Tapi, biasanya ini pas hujan pertama, begitu hujan berikutnya itu berkurang (volume sampah)," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More