Selasa 17 Desember 2019, 17:51 WIB

Ini Alasan MA Pangkas Hukuman Terdakwa Korupsi

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Ini Alasan MA Pangkas Hukuman Terdakwa Korupsi

MI/ Bary Fathahilah
Kepala Biro Hukum dan Humas, Abdullah

 

MAHKAMAH Agung (MA) menilai potongan hukuman bagi terdakwa korupsi sudah sesuai dengan fakta yang tersedia.

"Masuk ke masalah keadilan, tentunya majelis hakim telah pertimbangkan dengan sungguh-sungguh sesuai tingkatannya. Sehingga hakim mengadili berdasarkan fakta yang terungkap dalam persidangan," kata Kepala Biro Hukum dan Humas, Abdullah, Selasa (17/12).

Diketahui Mahkamah Agung memberikan potongan hukuman terhadap terdakwa korupsi seperti Plt Ketua Umum Golkar Idrus Marham, Ketua DPD Irman Gusman, Hakim MK Patrialis Akbar.

"Tapi kalau pasalnya yang terbukti menurut penerapan hukum di kasasi beda maka akan terjadi dasar hukumnya yaitu pasal yang terbukti baru itu terjadi perbedaan. Nah, perbedaan inilah yang dinilai terdapat disparitas. Seolah yang pertama adalah tinggi kemudian dikurangi rendah," ungkapnya.

Menurutnya hakim mengadili berdasarkan penerapan hukumnya sehingga apabila penerapan sudah benar maka hakim berikan keadilan sesuai rasa di majelis itu sendiri.

Mahkamah Agung juga menerima kritik dari masyarakat, dan meminta kepada masyarakat agar tetap terus mengawasi kinerja MA dalam mengadili kasus terutama terkait dengan korupsi.

"Sejak awal saya katakan semua kritik yang konstruktif akan dijadikan pertimbangan MA untuk membuat kebijakan jadi jangan berhenti untuk mengkritik ya. Namanya kritik itu ditampung kemudian diolah menjadi kebijakan dan jawabannya apa? Ya Mahkamah Agung membenahi seluruh peradilan supaya bebas dari korupsi. Itu lah jadi sebenarnya tujuan kita sama," tutupnya. (OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More