Selasa 17 Desember 2019, 16:38 WIB

Mustahil Lindungi Wartawan tidak Terdaftar

Abdillah Muhammad Marzuqi | Politik dan Hukum
Mustahil Lindungi Wartawan tidak Terdaftar

MI/Susanto
Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh

 

SULIT bagi Dewan Pers untuk melakukan perlindungan bagi pekerja wartawan yang tidak terdaftar. Meskipun tugas Dewan Pers melindungi karya dan kerja jurnalis.

"Bagaimana ceritanya saya melindungi orang yang tak terdaftar," ujar Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh saat pidato sambutan di seminar bertajuk Refleksi Kebebasan Pers Tahun 2019 dan Peluncuran Buku Menggenal Dewan Pers di Jakarta (17/12).

Atas dasar itu, pendataan dan verifikasi perusahaan pers menjadi keharusan bagi Dewan Pers. Ia meminta agar pendataan tersebut tidak ditafsirkan macam-macam.

"Sehingga tidak perlu ditafsirkan terlalu jauh. Apa yang kita lakukan, pendataan, verifikasi dan seterusnya. Itu semata-mata ingin memberikan perlindungan pada kawa-kawan yang bergerak di bidang media," tambahnya.

Ia juga memaparkan digitalisasi layanan Dewan Pers, dari mulai sertifikasi, pengaduan, dan pendataan. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat. Selain itu, Nuh juga mengakui ada beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan seperti layanan pada masyarakat berkebutuhan khusus.

"Sudah bisa menggunakan e-services. Sebagai langkah mempermudah pelayanan masyarakat," tambahnya.

Nuh juga menyampaikan pesan moral bagi para pekerja pers. Ia menekankan pada kehati-hatian ketika membuat dan menyebarkan berita. Menurutnya, ketidakakuratan membuat berita bisa menyebabkan rentetan peristiwa yang panjang. Pekerja pers harus memperhatikan etika selain kebenaran.

"Oleh karena itu hati-hati kalau kita membuat berita. Bisa jadi karena ketidakakuratan berita yang kita lakukan, atau gosip yang kita lakukan, atau fitnah yang kita lakukan, menyebabkan orang yang tadinya keluarganya rukun menjadi berantakan," tambahnya.

Begitupun sebaliknya, ketika pekerja pers mampu menyampaikan berita positif, maka kebaikan juga akan terus menjalar. (OL-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More