Selasa 17 Desember 2019, 11:04 WIB

Tol Balsam akan Beroperasi Penuh Sebelum Ramadan

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Tol Balsam akan Beroperasi Penuh Sebelum Ramadan

MI/Rudi Agung
Seorang petugas menguji alat pembaca uang elektronik di tol Balikpapan-Samarinda

 

PRESIDEN Joko Widodo, Selasa (17/12), akan meresmikan tol pertama di Kalimantan yakni Balikpapan-Samarinda (Balsam).

Jalan bebas hambatan tersebut akan menjadi salah satu infrastruktur utama yang mendukung keberadaan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

Tol Balsam diproyeksikan dapat memangkas biaya logistik barang dan jasa serta memotong waktu tempuh dari Balikpapan-Samarinda dan sebaliknya dari semula sekitar tiga jam menjadi hanya satu jam.

Tol tersebut juga menjadi akses penghubung ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara dapat ditempuh dalam 20 menit.

Baca juga: Presiden Tinjau Lokasi Ibu Kota Baru

Kendati sudah diresmikan, belum semua ruas Tol Balsam sudah berfungsi. Dari total panjang 99 kilometer yang terdiri dari lima seksi, baru 58 kilometer yang sudah rampung dan bisa dioperasikan yakni seksi II, III dan IV.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan progres pengerjaan Seksi I dan V belum rampung karena tekstur tanah yang lebih sulit untuk digarap.

"Di Seksi I ada titik sepanjang 2,2 kilometer yang rawan longsor. Kita sedang perbaiki," ujar Basuki di Balikpapan, Selasa (17/12).

Pemerintah tidak memilih memindahkan trase tol karena tanah yang tidak stabil itu masih bisa ditangani dengan teknologi khusus.

"Kita tidak pindah trasenya. Itu hanya tanah lunak yang butuh penanganan khusus saja. Sama seperti di ruas Pekanbaru-Dumai, Batang-Semarang. Itu bisa ditangani," terangnya.

Basuki menargetkan, Tol Balsam secara menyeluruh bisa selesai dan beroperasi sebelum Ramadhan tahun depan tiba.

"Kita akan kejar tiga setengah bulan. Sebelum puasa ini akan selesai," tuturnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

BenihBaik.com

Read More

Berita Populer

Read More