Selasa 17 Desember 2019, 06:37 WIB

Warga DKI Tergigit Kobra Dapatkan Serum di 7 RS Ini

Antara | Megapolitan
Warga DKI Tergigit Kobra Dapatkan Serum di 7 RS Ini

MI/Immanuel Antonius
Tujuh rumah sakit di DKI Jakarta sediakan serum anti bisa ular untuk warga DKI tergigit kobra.

 

BANYAKNYA temuan ular kobra dalam beberapa hari ini di wilayah Jakarta, Pemprov DKI Jakarta telah mempersiapkan sejumlah rumah sakit untuk menangani korban gigitan ular kobra.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristi Watini mengatakan pengobatan gigitan ular kobra menggunakan serum. Namun serum tersebut belum didistribusikan ke tingkat puskesmas. Baru beberapa rumah sakit yang menyediakan serum anti bisa ular.

"Ada tujuh rumah sakit yang menyediakan serum anti-bisa ular di DKI Jakarta yakni RSUD Tarakan, RS Suyoto, RSUP Fatmawati, RSUD Cengkareng, RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), RSPI Sulianti, dan RS Fatmawati," ujar Kristi di Jakarta, Senin (16/12/2019).    

Kristi mengatakan serum itu hanya bisa diberikan kepada pasien terbukti terkena gigitan ular berbisa, dengan penanganan medis dari rumah sakit. Beberapa rumah sakit masih mematok biaya untuk pemberian serum anti-bisa ular itu, namun ada juga yang memberikannya secara gratis.    

"Misalnya RSCM yang mematok harga Rp900.000 dan RS Fatmawati Rp595.000. Namun, beberapa rumah sakit menyediakan serum secara gratis seperti RSPI Sulianti yang menyediakan serum gratis untuk pasien BPJS," kata dia.        

baca juga: Waspadai Hujan Disertai Angin dan Petir di Jakarta Hari Ini

Ia mengimbau kepada warga yang tergigit ular kobra agar tidak panik. Setelah tergigit ular, segera lakukan pemasangan bidai dan eratkan dengan menggunakan ikatan kain atau perban agar racun lambat menyebar. Setelahnya, korban ditangani secara medis dengan serum anti-bisa ular, sesuai dengan kondisi korban.        

"Bila penderita gigitan ular tiba di rumah sakit dalam keadaan darurat seperti syok akibat racun bisa ular, maka dokter akan segera melakukan tindakan resusitasi untuk menyelamatkan nyawa penderita," terang Kristi. (OL-3)

 

Baca Juga

Antara/yulius Satria Wijaya

Polisi Prediksi Puncak Kepadatan Libur Panjang Dimulai Malam Ini

👤Rahmatul Fajri 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 22:07 WIB
Sambodo mengatakan dari pantauan di lapangan sudah tampak peningkatan volume kendaraan ke luar kota Jakarta seperti di Km 28 yang mengarah...
Antara/Hafidz Mubarak A

Sepekan Terakhir, Positivity Rate Covid-19 Jakarta 9,2%

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 22:02 WIB
Data terkini Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dilakukan tes PCR sebanyak 10.246...
Antara/Fakhri Hermansyah

Antisipasi Lonjakan Lalin, Polri Siapkan Kebijakan Khusus di Tol

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 21:24 WIB
Terkait lonjakan lalu lintas, Gatot menuturkan Ditlantas Polda Jabar telah mengantisipasi, salah satunya dengam menutup rest area sekitar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya