Senin 16 Desember 2019, 18:30 WIB

PT PII Bantu Tingkatkan Mutu Pendidikan di Lokasi Proyek

mediaindonesia.com | Humaniora
PT PII Bantu Tingkatkan Mutu Pendidikan di Lokasi Proyek

Dok. PT PII
Lokakarya kepada guru SD di Bekasi

 

TANGGUNG jawab sosial (CSR) PT.Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) difokuskan di bidang pendidikan, terutama di lokasi proyek infrastruktur sebagai dampak mitigasi pembangunan infrastruktur yang masif di Indonesia.

Salah satunya ialah melalui Program Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik Tingkat SD di Kecamatan Bojongmangu kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terkait dengan project KPBU Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Program yang dilaksanakan berupa Lokakarya yang diberikan kepada 5 SD negeri yang berada di sekitar daerah kecamatan Bojongmangu.

"Tujuan utama dari program ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah-sekolah target dari yang kurang baik menjadi minimal setara dengan sekolah-sekolah standar nasional," kata Direktur Utama PT PII M Wahid Sutopo seraya menegaskan, hal serupa juga dilakukan pihaknya di kota lain.

Kegiatan Lokakarya guru dilaksanakan selama 4 hari yaitu pada tanggal 22-23 November dan 25-26 November lalu di SDN 02 Bojongmangu. Program lokakarya diikuti oleh 30 orang guru sebagai penerima manfaat langsung.

Baca juga : Jayaboard Bangun 2 Gedung Sekolah TK Ramah Anak di Boyolali

Tujuan dari lokakarya  ini adalah untuk mentransformasi paradigma guru, sehingga diharapkan mereka dapat mengatasi tantangan-tantangan yang ada dalam proses pembelajaran serta meningkatkan keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran yang kreatif, efektif dan menyenangkan di era abad 21 ini.

Kegiatan Lokakarya ini dilanjutkan dengan program pendampingan ke 5 sekolah yang guru-gurunya menjadi peserta. Pendampingan dilakukan selama 6 hari (27-29 November & 9-11 Desember 2019 ) secara bergantian oleh 2 orang fasilitator. Sehingga satu sekolah dikunjungi selama 2 kali oleh seorang fasilitator.

Guru SDN 01 Medalkrisna  Imas Mulyati, mengutarakan sekolahnya menjadi salah satu penerima manfaat program sangat terbantu dengan adanya program peningkatan kualitas guru ini.

“kami khususnya saya sangat berterima kasih kepada PT PII karena telah melibatkan kami dalam pelatihan ini. Setelah pelatihan saya lebih memahami tentang berbagai strategi pembelajaran beserta model-modelnya dan cara pengelolaan kelas. Saya lebih percaya diri dalam melaksanakan pembelajaran karena banyak mendapatkan tambahan ilmu tentang pendidikan. Singkatnya pelatihan ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai guru untuk dapat mengemas pembelajaran lebih efektif", Kata Imas.

Usai mengikuti Program Pengembangan Kualitas Tenaga Pendidik Tingkat SD ini, para guru diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pedagogiknya, dalam proses belajar mengajar yang efektif serta terus mengembangkan profesionalitasnya sebagai seorang guru.

Program pendidikan yang dijalankan oleh PT PII ini, difasilitasi oleh PT SPEED suatu jasa layanan pengembangan pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan para pendidik yang dapat bersaing di era globalisasi.(RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More