Senin 16 Desember 2019, 22:50 WIB

Komunitas Berperan Penting dalam Pemajuan Kebudayaan

Antara | Humaniora
Komunitas Berperan Penting dalam Pemajuan Kebudayaan

Dok. Kemendikbud
Evalusai FKBM 2019

 

DIREKTUR Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Christriyati Ariani mengatakan komunitas budaya memiliki peran penting dalam pemajuan kebudayaan.    

"Komunitas Budaya merupakan kesatuan sosial yang memiliki potensi budaya berupa tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat, dan olahraga tradisional. Oleh karenanya komunitas budaya memiliki peran penting dalam pemajuan kebudayaan," jelas Christriyati di Jakarta, Senin (16/12)

Dia menambahkan yang tergolong kedalam komunitas budaya yaitu keraton, komunitas adat, lembaga adat, sanggar seni, lembaga kepercayaan, dan komunitas tradisi.

Setiap tahun, lanjut dia pemerintah menggelontorkan dana bantuan Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM) dan Revitalisasi Desa Adat (RDA).

Pemberian bantuan tersebut diharapkan masyarakat hukum adat memiliki kekuatan identitas budaya dengan prinsip gotong royong.

Baca juga : Pemprov Jabar Tegaskan Komitmen Bangun Aspek Kebudayaan

"Sejak 2012 pemerintah FKBM telah disalurkan. Sementara bantuan pemerintah RDA yang dilaksanakan sejak tahun 2013. Hingga 2019, bantuan tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan 2.241 komunitas budaya dan 534 desa adat di seluruh Indonesia," terang dia.

Dia menambahkan bantuan FKBM dan RDA merupakan program unggulan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan.

"Bantuan sarana dan prasarana dikhususkan kepada komunitas budaya. Tujuan semua itu dalam rangka pemajuan kebudayaan, pemberdayaan serta peningkatan kualitas keberadaan komunitas budaya," tegas dia.

Ke depan, dia berharap agar pelaksanaan bantuan pemerintah FKBM dan RDA lebih baik dan mampu meningkatkan keberadaan komunitas budaya.

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More