Senin 16 Desember 2019, 18:00 WIB

Jayaboard Bangun 2 Gedung Sekolah TK Ramah Anak di Boyolali

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Jayaboard Bangun 2 Gedung Sekolah TK Ramah Anak di Boyolali

Dok. Jayaboard
Gedung TK yang dibangun oleh Jayaboard

 

PT Petrojaya Boral Plasterboard, produsen papan gipsum Jayaboard membangun 2 bangunan Taman Kanak–Kanak, diantaranya TK Pertiwi 2 Jelok dan TK Pertiwi Tegalrejo di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Pembangunan TK yang jadi bagian tanggung jawab sosial (CSR) Jayaboard itu, dilakukan bekerja sama dengan ars86care Foundation. Pembanguan TK itu berlangsung bertahap sejak Agustus 2019 dan diresmikan pada Sabtu (14/12).

TK Pertiwi 2 Jelok awalnya memiliki kondisi fisik yang sangat memprihatinkan, seperti ruangan kelas untuk kegiatan belajar sangat kecil, bahkan para siswa harus meminjam toilet di gedung SD tetangga karena tidak memiliki toilet sendiri.

Sedangkan TK Pertiwi Tegalrejo selama 52 tahun tidak memiliki bangunannya sendiri dan selalu menumpang ruangan serba guna dari SD di Desa yang sama.

"Bangunan sekolah tersebut kondisinya memprihatinkan dan kurang kondusif untuk digunakan sehari-hari oleh murid-murid TK yang rerata usianya masih di bawah 7 tahun. Maka itu kami merasa terpanggil untuk membangun kedua sekolah ini agar proses belajar berjalan lebih nyaman dan aman,” ujar Andi Chandra, Presiden Direktur Jayaboard dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Erick akan Fokuskan CSR BUMN ke Pendidikan dan Lingkungan

Chairman ars86care Riyadi D Ekariyanto mengatakan, komitmen pemenuyan hak anak Indonesia lewat pendidikan harus terus digaunkan oleh semua pihak.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Jayaboard sebagai perusahaan global di Indonesia yang perduli dengan kualitas hidup anak, masyarakat dan lingkungan di sekitarnya,” katanya.

Pembangunan kedua sekolah tersebut meliputi dua ruang kelas, koridor, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), ruang guru, dapur, tempat cuci tangan anak dan toilet.

Konstruksi mengandalkan Jayaboard Byhua Ceiling Panel ukuran 600 x 600 mm dengan ketebalan 9 mm. Panel gypsum Byhua tersebut memiliki tekstur yang unik, tahan lendut dan tidak menjalarkan api. Material juga bebas asbestos sehingga aman bagi kesehatan anak-anak.

Kedua bangunan sekolah juga dirancang ramah lingkungan dengan menambahkan fitur hijau pada bangunan seperti ventilasi silang sehingga ruangan terasa nyaman dengan udara alami, sumur resapan, vertical garden dan tanaman peneduh di beberapa sudut lahan sekolah. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More