Senin 16 Desember 2019, 13:28 WIB

25 Polisi Diperiksa Terkait Penggusuran Tamansari

Tri Subarkah | Megapolitan
25 Polisi Diperiksa Terkait Penggusuran Tamansari

ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Petugas kepolisian melakukan pengamanan saat pengosongan dan pengamanan lahan RW 11 Tamansari, Bandung

 

KEPALA Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal menyebut pihaknya telah memeriksa puluhan polisi buntut kerusuhan yang terjadi saat penggusuran di Tamansari, Bandung, Kamis (12/12) lalu.

"Polda jabar melakukan pemeriksaan, ada beberapa puluh personel Polrestabes diperiksa," kata Iqbal di Gedung Bareksrim, Senin (16/12).

Menurut Iqbal, pemeriksaan tersebut dilakukan guna mengetahui dugaan pelanggaran yang dilakukan pihak kepolisan saat melakukan penggusuran.

"Untuk mengetahui sejauh mana proses SOP (Standar Operasional Prosedur) sudah dilakukan. Apakah ada dugaan pelanggaran dan lain-lain. Propam sudah mendalami hal itu, sudah memproses," papar Iqbal.

Sementara itu, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menyebut sudah ada 25 personel Polrestabes Bandung yang diperiksa.

"Sekitar 25 orang untuk mengetahui kedalaman peristiwa itu terjadi. Dari Polrestabes di Bandung. Dari internal dulu karena propam fokus ke internal, nanti hasilnya disampaikan," ungkap Asep.

Baca juga: Ricuh Tamansari, Kapolda Jabar belum Respons Komnas HAM

Asep enggan mengomentari soal apakah ada sanksi untuk Kapolda Jawa Barat karena pihaknya masih fokus melakukan pemeriksaan internal.

"Sekarang kita fokus melakukan pemeriksaan dulu, pendalaman intinya," tegas Asep.

Sebelumnya, terjadi kerusuhan saat proses penggusuran di RW 11, Kelurahan Tamansari, Bandung. Dalam sebuah video, beberapa oknum polisi melakukan kekerasan terhadap warga yang melawan. (OL-5)

Baca Juga

MI/Dede Susianti

Menanti Asa Kolaborasi Manis Bisnis Petrashop

👤Dede Susianti 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 16:08 WIB
Saat itu, Pertamina menawarkan peluang kerja sama kemitraan bisnis Pertashop kepada pemerintah Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang,...
ANTARA/Moch Asim

Anies Harap Perayaan Maulid Nabi Diikuti Protokol Kesehatan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:54 WIB
Usai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat menghadapi libur...
Ilustrasi

Dua Ormas Bentrokan di Ciledug, Dua Orang Ditangkap

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 15:31 WIB
Polisi menangkap dua orang dalam bentrokan dua ormas di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Kota Tangerang, keributan yang terjadi Kamis (29/10)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya