Minggu 15 Desember 2019, 21:25 WIB

Pulang Ziarah di Ciamis, Bus Pariwisata Terbakar

Kristiadi | Nusantara
Pulang Ziarah di Ciamis, Bus Pariwisata Terbakar

Ilustrasi/ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Bus pariwisata terbakar.

 

SEBUAH bus pariwisata nopol D 7811 AC yang dikemudikan oleh Holiqul Makmur, 35, warga Kampung Pasir Tangkil, Kecamatan Kalapa Nunggal, Bandung, terbakar di ruas Jalan Raya Panawangan-Cirebon, tepatnya di Dusun Manis, RT 005 RW 006, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bus yang ditumpangi puluhan orang peziarah tersebut berencana menuju situs makam dan situ Panjalu, Kabupaten Ciamis. Akan tetapi, ketika melintasi di Jalan Raya Panawangan telah terjadi korsleting pada kabel bodi dan aki mobil sehingga mengeluarkan percikan api dan membakar mesin kendaraan bus.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis, Ajun Komisaris Pol Sofyan Effendy, mengatakan, bus pariwisata yang ditumpangi puluhan rombongan ziarah situs makam dan Situ Panjalu terbakar di ruas Jalan Panawangan, Kabupaten Ciamis, setelah mengalami korsleting, tetapi dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa.


Baca juga: Gedung Tempat Evakuasi Tsunami di Pidie tidak Terurus


"Terbakarnya bus pariwisata tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan seluruh bus itu masih utuh, karena mesin kendaraan bus yang terbakar ada pada bagian belakang. Sebelum terjadinya kebakaran tersebut terjadi, kondisi bus dalam kondisi mogok tapi seorang kernet memeriksanya hingga meminta penumpang untuk keluar dan menjauhi kendaraan itu," katanya saat dimintai konfirmasi, Minggu (15/12).

Sofyan mengatakan, bus yang terbakar di Jalan Raya Panawangan tersebut berhasil dipadamkan oleh masyarakat setempat yang melihat adanya kepulan asap putih. Puluhan penumpang juga berhasil menyelamatkan diri setelah keluar dari pintu depan. Mereka berlarian menjauhi bus tersebut.

"Untuk sekarang ini, pengemudi masih dalam pemeriksaan di Polsek Panawangan tetapi bangkai bus masih berada di lokasi. Puluhan penumpang sudah dipindah ke bus lainnya. Kami meminta agar pengemudi yang akan melakukan perjalanan agar melakukan pemeriksaan terlebih dulu kondisi kendaraan, jangan sampai terjadi seperti itu," paparnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More