Minggu 15 Desember 2019, 22:40 WIB

Modal Minor Blaugrana Jelang El Classico

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Modal Minor Blaugrana Jelang El Classico

ANDER GILLENEA / AFP
(Kiri-kanan) Pemain Barcelona Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Gerard Pique di akhir pertandingan sepak bola liga Spanyol.

 

BARCELONA gagal meraih poin penuh saat menghadapi Real Sociedad dalam lanjutan La Liga, akhir pekan lalu. Bermain di Reale Arena, kandang Sociedad, Barcelona harus puas dengan hasil 2-2.

Tambahan satu poin membuat Barcelona telah mendulang 36 poin dari 16 laga. Posisi Blaugrana, julukan Barcelona, di posisi teratas klasemen terancam oleh Real Madrid yang berada di posisi kedua dengan terpaut satu poin. Real Madrid memainkan laga ke-16 mereka musim ini melawan Valencia dini hari tadi.

Hasil imbang melawan Sociedad juga menjadi hasil kurang memuaskan menghadapi laga penuh gengsi, El Classico menghadapi Real Madrid, Kamis (19/12) mendatang di Camp Nou. Jika Madrid mampu menang atas Valencia dan merebut puncak klasemen, tekanan bagi Lionel Messi di El Classico akan makin besar.     

Walau gagal mendapat moda­l kemenangan jelang laga melawan Real Madrid, pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengaku tidak terlalu memikirkan hal itu. Menurutnya, hasil di kandang Sociedad tidak akan menurunkan kepercayaan diri para pemain untuk meraih jasil maksimal saat melawan menghadapi Real Madrid.

“Laga melawan Real Madrid akan berbeda. Itu merupakan laga istimewa. Namun, kami memang harus memperbaiki penampilan,” jelas Valverde.

Gelandang Barcelona Sergio Busquets juga menegaskan hasil imbang melawan Sociedad tidak akan berdampak pada laga El Classico nanti. “Kami dalam kondisi yang baik. Kami akan bermain di kandang dan kami akan selalu siap menghadapi tantangan di El Classico,” kata Busquets.

Di sisi lain, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu melayangkan surat protes kepada Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales terkait dengan kepemimpinan wasit Gil Manzano pada laga melawan Sociedad. Barcelona merasa dirugikan Manzano karena sang wasit tidak memberikan penalti atas pelanggaran yang diterima Gerard Pique. Selain itu, video assistant referee (VAR) tidak digunakan untuk melihat lebih jelas insiden tersebut.

Barcelona mencetak dua gol melalui Antoine Griezmann (38’) dan Luis Suarez (49’). Sementara itu, gol Sociedad dicetak Mikel Oyarzabal (12’-penalti) dan Alexander Isak (62’).

Kalah di debut

Dari lanjutan Seri A Liga Italia, Gennaro Gattuso melakoni laga debut sebagai pelatih Napoli dengan hasil mengecewakan. Napoli harus takluk dari tamu mereka, Parma, dengan skor tipis 1-2 di Stadion San Paolo, kemarin.

Dua gol kemenangan Parma dicetak Dejan Kulusevski (4’) dan Gervinho (90’). Sementara itu, gol semata wayang Napoli disumbang Arkadiusz Milik (64’).

Kekalahan itu menambah catatan buruk Partenopei, julukan Napoli, yang belum meraih kemenangan dalam delapan laga terakhir Seri A. Napoli berada di peringkat ke-8 dengan 21 poin. Napoli juga menjauh dari zona Eropa setelah terpaut 7 poin dari Atalanta di peringkat ke-6.

“Saya bertanggung jawab atas kekalahan ini. Para fan mengejek hasil ini karena ini tidak sesuai dengan harapan mereka,” kata Gattuso, pengganti Carlo Amcelotti yang dipecat.

“Tugas utama saya membuat tim ini kembali tenang seusai hasil buruk. Saya pikir dengan torehan gol, kita bisa melakukannya lebih baik,” Gattuso menandaskan. (Footballitalia/AFP/R-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More