Minggu 15 Desember 2019, 10:58 WIB

10 Provinsi di Indonesia Potensi Rawan Pangan

Lina Herlina | Nusantara
10 Provinsi di Indonesia Potensi Rawan Pangan

MI/Lina Herlina
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

 

ADA 10 dari 34 provinsi di Indonesia disebut sebagai daerah rawan pangan dan itu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah saat ini.

"Tentu kita antisipasi semua, terkait kerwanan pangan, serta kemungkinan terjadi bencana, cuaca buruk yang bisa mengganggu ketahanan pangan kita. Tapi hingga kini semua masih aman-aman saja," ujar Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, di Makassar, Sulawesi Selatan dalam rangka Tani on Stage, Gerakan Agripreneur dan Tiga Kali Lipat Ekspor (GraTi-Eks), Minggu (15/12).

Syahrul tidak menyebutkan secara spesifik daerah mana saja yang rawan pangan tersebut, namun menurutnya saat ini masih aman-aman saja meskipun sekarang sudah mulai musim penghujan yang dikhawatirkan menggangu musim tanam.

"Yang menjadi perhatian khusus adalah Papua. Itu terus dalam pantauan. Perintah Presiden, daerah yang sulit dijangkau kita angkut bantuan
pangannya dengan helikopter. Demikian pula daerah bencana," tukas Syahrul.

Saat ditanya terkait bencana banjir yang terjadi di Sumatera Barat yang kemungkinan menggangu ketahanan pangan di sana, Syahrul menegaskan jika imformasi dan teknologi yang digunakan Kementan sudah canggih, dan bisa langsung memetakan dan melihat apa yang terjadi di sana. (OL-11)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More