Sabtu 14 Desember 2019, 18:03 WIB

Menkominfo Janji Daerah Terluar Tersambung Internet di 2024

Putri Anisa Yuliani | Humaniora
Menkominfo Janji Daerah Terluar Tersambung Internet di 2024

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menkominfo Johnny G Plate

 

INDONESIA akan membeli tiga unit satelit untuk menyokong jaringan internet. Menteri Komunikasi dan Informartika Johnny G Plate menyebut tiga unit satelit itu memiliki kapasitas 150 Gb, 300 Gb dan 500 Gb.

Pembelian satelit akan dilakukan secara bertahap. Menurutnya, pembelian satelit dengan kapasitas besar ini ditujukan agar daerah-daerah di Indonesia didukung penuh oleh jaringan internet yang cepat.

Ia pun optimistis dengan satelit tersebut, daerah terluar di Indonesia bisa dilengkapi dengan jaringan internet.

"Salah satu program last mile saat ini kita mempunyai lima satelit dan masih punya program last mile lain dengan tambahan tiga satelit baru. Apa saja? Pertama 150 Gb, kedua 300 Gb, dan 500 Gb hampir 1 tera," kata Johnny saat menjadi pembicara di Milenial Fest di Balai Sarbini, Sabtu (14/12).

Di samping itu, Indonesia juga telah didukung 330 ribu km jaringan fiber optik, dengan 12.400 km di antaranya di sediakan oleh Palapa Ring. Jaringan ini menjadi tulang punggung jaringan internet di Indonesia.

Baca juga: 24 Lokasi di Lembata Dipasang Internet Gratis

Selain itu, Indonesia juga telah memiliki 300 ribu lebih menara BTS dan akan terus bertambah. Ia berharap daerah terluar bisa tersambung internet hingga kecepatan 10mbps.

"Sehingga pada 2024 'remote area' kita sudah tersambung internet," tukasnya.

Ia menambahkan dengan banyaknya program pemerintah dalam dunia digital, Indonesia bisa sepenuhnya bergerak menjadi negsra digital ekstrateritorial. Pertumbuhan start up baru pun ditargetkan tumbuh hingga seribu unit.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More