Minggu 15 Desember 2019, 00:05 WIB

Helm Berembun Saat Hujan? Coba Beberapa Trik Ini

M. Bagus Rachmanto | Otomotif
Helm Berembun Saat Hujan? Coba Beberapa Trik Ini

Ilustrasi
Trik atasi helm berembun saat hujan

BERKENDARA dalam kondisi hujan kerap membuat bagian dalam visor berembun. Hal itu disebabkan karena terjadi perbedaan temperatur pada bagian dalam dan luar helm. Untuk mengakali hal tersebut, perusahaan helm pun membuat pinlock yang ditempelkan di bagian dalam helm.
 
Pinlock adalah lensa pelapis yang diklaim dapat menghalau kabut udara kaca helm (visor). Pinlock juga disebut sebagai teknologi triple visor, karena terdapat 3 lapis kaca pengaman pada helm, yaitu kaca luar yang bening, kaca dalam (sun visor) dan pinlock (lensa pelapis anti kabut ).
 
Meski kebanyakan masih jadi konsumsi para pembalap atau penggunaannya di tipe helm premium, namun sekarang pinlock sudah mulai dijual oleh pabrikan helm lokal, khusus untuk usir embun di dalam visor helm.

Ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu, Marketing Director Danapersadaraya Motor Industry (DMI) Johanes Cokrodiharjo mengatakan, tak sekadar fungsional. Fitur dan teknologi yang digunakan menjadi pertimbangan tersendiri bagi biker dalam membeli helm.
 
Lensa pinlock ini tersedia dalam dua tipe, yakni Pinlock 30 yang digunakakan di tipe helm fullface dan diperuntukan untuk melakukan perjalanan jauh. Sedangkan Pinlock 70 digunakan pada tipe helm openface untuk perjalanan jarak dekat.
 
Menurut Johanes, fitur anti kabut ini bisa didapatkan secara terpisah. Untuk Pinlock 30 dijual dikisaran harga Rp100 ribu dan Pinlock 70 Rp125 ribu.
 
Selain pinlock, pengendara bisa mencoba beberapa cara lain. Yakni menggunakan sabun pencuci piring, shampoo bayi, krim pencukur, atau pasta gigi. Gunakan salah satu diantaranya. Bersihkan kaca helm bagian luar dan dalam. Caranya adalah oleskan bahan pilihan kamu ke kain halus dan gosokkan secara merata. Setelah itu, biarkan sampai kering lalu gosok kembali dengan lap kering yang bersih.
 
Bisa juga menggunakkan cairan anti-fog. Cairan anti-fog ini tersedia dalam dua bentuk pemakaian, yaitu oles dan spray. Cara pakai anti-fog oles, sistemnya sama seperti menggunakan sabun. Sedangkan untuk model spray, kamu hanya perlu menyemprotkan cairan ini ke kaca helm bagian luar dan dalam lalu bersihkan dengan lap bersih atau tisu. Harga cairan ini bervariasi, mulai dari Rp15 ribu sampai dengan Rp100 ribu.
 
Seperti kita ketahui, para produsen kini tengah berlomba untuk menciptakan helm yang tak hanya aman dan nyaman dipakai, tetapi memberikan kemudahan bikers saat berkendara.  (Medcom/OL-12)

Baca Juga

Ist

Wahana Artha Group Optimistis Bisnis Tahun Ini Naik

👤M Setiawan Alun Negoro 🕔Kamis 19 Maret 2020, 22:20 WIB
Pada 2019, hadirnya beragam produk berkualitas Honda hingga pelayanan terbaik untuk konsumen, WMS berhasil kuasai pasar hingga...
DOK. MMKSI

New Triton dan L300 Meriahkan Giicomvec 2020

👤 (cdx/S-1) 🕔Kamis 12 Maret 2020, 06:00 WIB
MEMANFAATKAN momentum pameran kendaraan niaga, Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (Giicomvec) 2020, di Jakarta...
MI/VICKY GUSTIAWAN

2022, Toyota Produksi Kendaraan Elektrik

👤 (Gan/S-1) 🕔Kamis 12 Maret 2020, 05:50 WIB
TOYOTA Indonesia berencana akan memulai produksi model kendaraan elektrik hibrida (hybrid electric vehicle/HEV) pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya