Sabtu 14 Desember 2019, 11:45 WIB

Pemerintah Janji tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Libur Natal

Desi Angriani | Ekonomi
Pemerintah Janji tidak Ada Pemadaman Listrik Selama Libur Natal

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Dua anak bermain di Rusun Bendungan Hilir saat terjadi pemadaman listrik di Jakarta.

 

PEMERINTAH menjamin pemadaman listrik atau black out tidak akan terjadi selama libur Natal dan Tahun Baru 2020. Antisipasi pemadaman listrik dilakukan dengan mengoperasikan seluruh jaringan transmisi dan pembangkit.

"Mulai 18 Desember 2019 sampai 8 Januari 2020 tidak ada pemeliharaan jaringan. Seluruh pembangkit dioperasikan," kata Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (13/12).

Sripeni mengatakan perusahaan listrik negara juga sudah menyiapkan 2.540 unit genset di beberapa wilayah. Kemudian menurunkan 29.200 petugas di 2.143 posko di seluruh Tanah Air.

"Jadi semuanya pada posisi yang siap siaga," kata dia.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Dirut PLN Diputus Minggu ini

Presiden Joko Widodo memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 berjalan kondusif. Berbagai persiapan berupa ketersediaan pangan, stok bahan bakar minyak (BBM), listrik dan pelayanan transportasi akan ditingkatkan.

"Kita ingin menghadirkan rasa aman di tengah-tengah masyarakat," kata Jokowi memimpin rapat terbatas.

Menurut Jokowi, ketersediaan pasokan bahan pokok selama libur panjang sangat penting agar tidak terjadi lonjakan harga. Kenaikan harga bahan pokok akan berimbas pada tingginya inflasi.

Jokowi telah memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang, baik jalur darat, laut maupun udara. Termasuk memastikan stok bahan bakar minyak mencukupi selama Natal dan Tahun Baru.

"Saya minta TNI dan Polri, BIN terus bersinergi melakukan tindakan pencegahan, penangkalan dari setiap potensi gangguan keamanan jelang tahun baru 2020 ini," tegasnya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More