Sabtu 14 Desember 2019, 02:12 WIB

Memanfaatkan Teknologi untuk Sebar Kebaikan

Muhammad Zen | Humaniora
Memanfaatkan Teknologi untuk Sebar Kebaikan

MI/R.M. ZEN
Budiman Sudjatmiko saat menyampaikan materi seminar di hadapan mahasiswa Universitas Budi Luhur di Jakarta.

 

TEKNOLOGI tanpa kebudiluhuran akan destruktif, cenderung membuat kehancuran kepada orang lain. Sebaliknya, teknologi yang etis justru bisa memudahkan orang untuk berkolaborasi, gotong royong memberikan empati, asih kepada orang lain.

Menurut Ketua Umum Inovator 4.0 Indonesia Budiman Sudjatmiko, tidak semua teknologi mengandung nilai-nilai budi pekerti yang baik bagi umat manusia.

"Untuk jadi pemenang di era saat ini, setidaknya kita harus bisa mencari solusi dalam memecahkan masalah-masalah lama," ungkap Budiman saat menjadi pembicara seminar di kampus Universitas Budi Luhur (UBL), Jakarta, Jumat (13/12).

Untuk itu, masyarakat di era sekarang harus memiliki imajinasi dalam teknologi. Imajinasi teknologi merupakan modal awal agar masyarakat lincah dalam berpikir, sehingga bisa efektif dalam memperalat alat, bukan sebaliknya diperalat oleh alat.

"Usaha rintisan berbasis digital, start up menjadi tempat untuk mengembangkan imajinasi, misalnya dengan membuat suatu platform yang bisa memecahkan masalah lama. Aplikasi ojek daring adalah contoh solusi baru untuk masalah lama." ujar mantan aktivis tahun 1990-an itu.

Pendapat senada disampaikan Rektor Universitas Budi Luhur Wendy Usino, bahwa saat ini sebagian besar masyarakat hanya menjadi pengguna, pengunduh teknologi yang ada, bukan pengunggah. Ini harus diubah.

"Strategi kita adalah dengan mengubah kurikulum. Mulai tahun depan, setiap mahasiswa dari semua program studi harus memiliki suatu karya sejak tahun pertama kuliah. Karya bisa berupa aplikasi ataupun konten yang bisa bermanfaat bagi banyak orang," ujar Wendy.

Hal ini sesuai dengan landasan berdirinya Universitas Budi Luhur, yakni menjadi institusi pendidikan yang tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan yang bermutu kepada mahasiswa, tapi juga menyampaikan pemahaman tentang budi pekerti yang baik.

Pusat Studi Budi Luhur (PSBL) yang menjadi bagian dari UBL menyelenggarakan seminar bertajuk 'Gen Z: Manfaatkan Teknologi Sebar Kebaikan Menuju Budi Luhur Peduli'. Ratusan peserta yang didominasi mahasiswa dari beragam program studi, ikut ambil bagian dalam seminar tersebut. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More