Jumat 13 Desember 2019, 20:14 WIB

Puluhan Monyet Serang Lahan Pertanian Berhasil Ditangkap

Kristiadi | Nusantara
Puluhan Monyet Serang Lahan Pertanian Berhasil Ditangkap

Antara
Puluhan monyet berhasil ditangkap

 

SEJUMLAH pawang dari suku baduy berhasil menangkap puluhan ekor monyet yang selama itu telah menyerang lahan pertanian dimiliki warga Blok Ciguntur, Nyalenghor, Cihalisan dan Cibungur, Desa Nanggewer, Kecamatan Pageurageung, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (13/12).

"Kami telah menerima laporan dari para petani terutama yang memiliki lahan perkebunan di sepanjang blok Ciguntur, Nyalenghor, Cihalisan dan Cibungur, mengalami kerusakan atas serangan hama monyet. Ratusan monyet telah merusak dan memakan palawija milik warga," kata Camat Pageurageung, Uwen Sulaeman, Jumat (13/12).

Uwen mengatakan, berbagai upaya selama ini sudah dilakukan untuk mengusir ratusan ekor hingga pemerintah Desa Nangewer berupaya mendatangkan sejumlah pawang dari Suku Baduy untuk mengusir hingga mereka berhasil menangkap 100 ekor monyet dalam kondisi hidup.

"Kondisi kurangnya pasokan makanan di atas puncak Gunung Nanggewer menjadi penyebab hingga mereka turun untuk mencari makanan dan menyebabkan 40 hektare lahan berbagai jenis tanaman palawija milik petani siap panen habis dimakan. Sedangkan, pawang monyet sampai sekarang masih berupaya melakukan pemburuan bersama petani dan melibatkan dari Polsek hingga Babinsa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah IV Tasikmalaya, Bidang KSDA wilayah III Ciamis, Didin Syarifudin mengatakan, serangan yang dilakukan oleh ratusan ekor monyet tersebut membuat masyarakat resah. Karena, tanaman yang mereka tanam habis tapi upaya tersebut telah berhasil menangkap ratusan ekor dalam kondisi hidup.
 
"Populasi monyet berekor panjang selama ini jumlahnya itu memang banyak dan tidak bisa terhitung, hasil tangkapan yang dilakukannya di Kecamatan Pageurageung telah berhasil ditangkap selanjutnya dibawa ke Purwakarta untuk dikarangtina. Namun, masih banyak lagi monyet lainnya dipastikan bisa turun kembali dari puncak Gunung Nanggewer," katanya. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More