Jumat 13 Desember 2019, 20:07 WIB

Cianjur Tawarkan Wisata Padi Pandanwangi

Benny Bastiandy | Humaniora
Cianjur Tawarkan Wisata Padi Pandanwangi

MI/Benny Bastiandy
Kampung Budaya Padi Pandanwangi

 

KAMPUNG Budaya Padi Pandanwangi di Desa Mekarwangi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bakal menjadi ikon baru destinasi wisata.

Konsepnya akan diarahkan ke wisata edukasi bagi masyarakat yang ingin mengenal sektor pertanian, utamanya padi pandanwangi, sebagai varietas unggulan khas Kabupaten Cianjur.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur, Yudi Ferdiana mengatakan, saat ini Kampung Budaya Padi Pandanwangi masih dalam tahap penataan. Artinya, kawasan wisata itu belum bisa dibuka secara umum.

"Tahun depan kita akan coba dulu menawarkan Kampung Budaya Padi Pandanwangi. Konsepnya nanti lebih banyak menjual wisata edukasi tentang pertanian, seperti tata cara mengelola padi," kata Yudi, Jumat (13/12).

Selain masyarakat umum, sebut Yudi, sasaran pengunjung ke Kampung Budaya Padi Pandanwangi adalah kalangan pelajar maupun mahasiswa. Tujuannya, mereka harus dikenalkan dengan sektor pertanian sejak dini agar kelak mereka bisa ikut melestarikan komoditas-komoditas pangan, terutama padi pandawangi yang selama ini menjadi varietas unggulan khas Kabupaten Cianjur.

"Untuk yang lainnya seperti pemandangan, wisata kuliner, atau handycraft, itu sudah pasti ada," terangnya.

Yudi meyakini dengan adanya wisata edukasi menyangkut pertanian akan menumbuhkembangkan minat kalangan pelajar atau mahasiswa menggeluti sektor tersebut. Meskipun di sekolah mungkin para pelajar atau mahasiswa diajarkan tentang pertanian, akan berbeda atmosfernya ketika mereka terjun langsung ke lapangan yang disediakan di Kampung Budaya Padi Pandanwangi.

"Kami sedang mempersiapkan tools-tools (peralatan dan perlengkapan) untuk mendukung rencana itu, seperti materi edukasi, tata cara, atau metodenya," jelas Yudi.

Kampung Budaya Padi Pandanwangi berdiri di lahan seluas lebih kurang 12 hektare. Terdapat sejumlah leuit (lumbung) serta bangunan fasilitas lain seperti musala, museum dan lainnya terbuat dari kayu dan bilik bambu yang memang identik dengan suasana perdesaan. (OL-11)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More