Jumat 13 Desember 2019, 17:21 WIB

4 Anggota Polisi Korban Terorisme Dapat Kompensasi

4 Anggota Polisi Korban Terorisme Dapat Kompensasi

Antara
Menko Polhukam Mahfud MD, Ketua LPSK Hasto Atmojo bersama korban dan ahli waris korban tindak terorisme di Jakarta, Jumat (13/12/2019).

 

EMPAT korban tindak pidana terorisme mendapatkan bantuan kompensasi dari negara dengan total sekitar Rp450,3 juta sesuai dengan perhitungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Penyerahan bantuan kompensasi dilakukan oleh Menko Polhukam Mahfud MD didampingi Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo, di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (13/12).

Keempat korban itu semuanya merupakan anggota polisi, yakni dua orang korban terorisme di Tol Kanci-Pejagan, satu korban peristiwa terorisme di Cirebon, dan satu korban terorisme di Pasar Blimbing, Lamongan, Jawa Timur.

Nilai kompensasi yang diterima beragam, yakni korban meninggal dunia di Cirebon mendapatkan Rp286,3 juta, dua korban terorisme di Tol Kanci-Pejagan masing-masing Rp51,7 juta dan Rp75,8 juta, sementara korban di Lamongan mendapatkan Rp36,3 juta.

Ketua LPSK Hasto Atmojo menyampaikan apresiasi Mahfud mewakili pemerintah untuk menyampaikan bantuan kompensasi itu kepada korban maupun ahli waris korban terorisme.

Hasto berharap pemberian kompensasi kepada korban-korban terorisme selanjutnya diberikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, mengingat masih ada beberapa kasus masih dalam persidangan, seperti terorisme di Poso dan Sibolga.

Selain peristiwa terorisme di Lamongan dan Cirebon, kata dia, LPSK sudah menyerahkan ganti rugi di beberapa daerah, misalnya di Samarinda, korban Bom Surabaya, Mako Brimob, dan beberapa tempat lain di Medan, Pekanbaru, dan Nusa Tenggara Barat.

"Ini membuktikan kehadiran LPSK sebagai representasi negara mulai nyata kepada para korban," katanya.    

Mahfud menyampaikan selamat kepada korban dan ahli waris atas kompensasi yang didapatkan, sekaligus merasa sedih atas musibah yang menimpa korban.

"Saya mengucapkan selamat dalam konteks mendapat kompensasi atau restitusi dari negara. Meski tidak bisa mengganti seluruh kerugian yang telah diderita," katanya.

Mahfud akan menyampaikan harapan LPSK kepada Presiden agar ke depannya bisa menyerahkan secara langsung bantuan kompensasi kepada korban tindak terorisme. (X-15)

Baca juga: MA Kembali Potong Hukuman Koruptor Lagi!

Baca juga: Resmi Dilantik, Wantimpres Diketuai Wiranto

Baca juga: Anak Muda, Terorisme, dan Khilafah

 

 

 

Baca Juga

DOK SETWAPRES

Wapres Minta MUI Jadi Agen Perubahan

👤Ind/P-2 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 05:12 WIB
Wapres meminta MUI mampu berperan sebagai agen perbaikan dan perubahan sehingga menjadi inspirasi dan memperjuangkan kepentingan...
Medcom.id

Pencairan Dana Pilkada belum Tuntas

👤Cah/Ant/P-2 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 05:06 WIB
Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian meminta pemda tidak menahan pencairan dana pilkada. Bila ada kesengajaan penahanan dipastikan akan...
ANTARA/IRFAN MAULANA

Kongres Tetapkan Prabowo kembali Pimpin Gerindra

👤Dhk/Ant/P-2 🕔Minggu 09 Agustus 2020, 04:59 WIB
Pemilihan Prabowo sebagai ketua umum diputuskan dalam rapat pleno ketiga KLB. Seluruh pengurus DPD partai satu suara meminta Prabowo...

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya