Jumat 13 Desember 2019, 14:52 WIB

Polisi Jaga Antrean Pintu Tol Tak Lebihi 10 Km Saat Nataru

Tri Subarkah | Nusantara
Polisi Jaga Antrean Pintu Tol Tak Lebihi 10 Km Saat Nataru

MI/Supardji Rasban
Titik kemacetan arus liburan Natal dan Tahun baru diprediksi terjadi di ruas jalan Tol Brebes Timur (Brexit).

 

PIHAK kepolisian memprediksi penumpukan kendaraan akan terjadi di ruas tol saat saat libur hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Istiono, pihaknya akan menjaga antrean kendaraan agar tidak melebihi 10 km. Hal itu dilakukan dengan mengalihkan penumpukan kendaraan ke pintu tol berikutnya.

"Solusi itu sudah kita (rencanakan) semua, mudah-mudahan jarak rekomendasi antrean itu 5 km maksimal 10 km lah, itu udah harus dipotong dipenggal di gate berikutnya," kata Istiono di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta, Jumat (13/12).

Istiono memprediksi bahwa penumpukan kendaraan saat Nataru akan terjadi di pintu tol Brebes Exit dan Pejagan.

"Mungkin ada penumpukan di Brexit (Brebes Exit), penumpukan akan terjadi di Pejagan," terangnya.

Untuk menangtisipasi hal tersebut, pihak kepolisian akan menyiapkan rekayasa lalu lintas. Istiono menyebut apabila terjadi penumpukan di pintu tol Pejagan, pihaknya akan mengalihkan ke pintu tol Cirebon Barat.

"Pejagan bila sudah panjang kita alihkan ke Cirebon Barat. Habis itu Brexit itu sampai tol Semarang," papar Istiono.

Ditanya apakah pihaknya akan menerapkan sitem satu jalur (one way), Istiono menyebut hal itu bersifat situasional, Istono menjawab, "Ya nanti kita lihat situasi dan lihat situasi jika perlu akan satu arus nanti." (Tri/OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More