Jumat 13 Desember 2019, 09:52 WIB

Pengantar Boleh Masuk ke Check In Terminal 2 di Bandara Soeta

Sumantri | Ekonomi
Pengantar Boleh Masuk ke Check In Terminal 2 di Bandara Soeta

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah penumpang pesawat melintas di samping mural di terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

 

BAGI para pengunjung dan pengantar penumpang di Terminal 2 Domistik Bandara Soekarno Hatta, saat ini sudah bisa mengantarkan saudara maupun keluarganya yang hendak terbang ke luar daerah hingga ke area check- in.

Konsep baru tersebut diterapkan oleh pihak PT Angkasa Pura II (Persero), dalam rangka mengefektivitas Program Keamanan Bandara (Airport Security Programme) yang mengacu kepada Peraturan Perhubungan RI Nomor: PM. 80 Tahun 2017, tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

Dengan ketentuan itu, maka pengunjung dan pengantar penumpang atau pengguna jasa lainnya boleh memasuki area check-in setelah melewati pemeriksaan keamanan pintu masuk gedung terminal (pre-screening) di Gate 2, Gate 3, dan Gate 4.

Pre-screening dilakukan, agar tetap menjamin keamanan semua orang yang berada di dalam gedung terminal, meski area tersebut telah ditetapkan sebagai area publik.

"Saat ini setiap pengunjung dan pengantar penumpang bisa masuk hinnga ke area check-in. Namun, harus melalaui area pemeriksaan keamanan terhadap barang bawaanya seperti yang diberlakukan di Terminal 3," kata Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang sembari menambahkan ketentuan itu berlaku efektif mulai hari ini atauJumat (13/12) pukul 00.00 dini hari.

Lebih jauh, Febri mengatakan, tak hanya sampai di area check-in, para pengunjung dan pengantar penumpang juga diperbolehkan berbelanja atau sekedar makan di tenant yang ada di area Shoping Arcade.

Di Terminal 2D dan 2E, tambah Fery, terdapat 76 tenant yang terdiri dari 50 tenant food & beverage dan 26 retail. Di antaranya, Bon Bon Voyage, Blue Sky Lounge, Imperial Kitchen, Warung Soto Nikmat, Starbucks, Coffee Bean, Papa Jack, Bumbu Desa, Kimia Farma, Polo, Angker, Bakmitopia, Bakso Cak Eko, Bakso Afung dan lainnya.

Tak hanya itu, di Terminal 2 domestik juga terdapat sejumlah spot swafoto (selfie) yang sangat instagramable. Sehingga para pengunjung atau pengantar penumpang yang ingin mengabadikan dirinya di terminal itu.

Sebelum ketentuan tersebut diberlakukan, kata Ferry di Terminal itu yang diperbolehkan masuk hingga ke area tersebut adalah penumpang yang memiliki dokumen angkutan udara (tiket penerbangan) dan karyawan yang memiliki pas bandar udara. Sedangkan bagi pengunjung dan pengantar penumpang hanya diizinkan sampaj di lobi terminal atau di luar area check-in. (SM/OL-09)

Baca Juga

Antara/Awal Lingga

Lakukan Proteksi, Pabrik Toyota tetap Berproduksi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 April 2020, 16:55 WIB
TMMIN hanya melakukan pengurangan jam operasional dan untuk karyawan disediakan sarana transportasi untuk mengurangi penggunaan...
Antara/Umaru Faruq

Kecuali Alat Kesehatan, Produktivitas Industri Turun 50%

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 April 2020, 15:55 WIB
Penurunan tersebut dikarenakan adanya virus korona yang sudah mewabah sejak awal bulan...
ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA

​​​​​​​OJK Dukung Perppu 1/2020 untuk Tanggulangi Dampak Covid-19

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 02 April 2020, 15:50 WIB
Perppu tersebut merupakan landasan hukum bagi Pemerintah, OJK, BI dan LPS untuk memberikan kewenangan yang selama ini belum tercakup dalam...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya