Jumat 13 Desember 2019, 08:58 WIB

Jawa Tengah Siapkan Ratusan Acara Pariwisata 2020

Akhmad Safuan | Nusantara
Jawa Tengah Siapkan Ratusan Acara Pariwisata 2020

MI/Akhmad Safuan
Jawa Tengah siapkan ratusan kegiatan mendukung pariwisata 2020

 

UNTUK meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah, beberapa kabupaten/kota telah menyiapkan beberapa acara. Banyaknya destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah tidak cukup untuk menggaet wisatawan. Maka harus dikawinkan dengan beberapa event.

Kreasi dan inovasi yang dilakukan adalah memperbanyak event yang menarik. Seperti dilakukan Pemkot Pekalongan bersamaan peringatan hari batik yakni Batik Carnival atau pameran batik sekala nasional dan regional.

Pemerintah Kota Semarang tidak mau ketinggalan, 2020 telah menyiapkan 72 calender event untuk menarik wisatawan berkunjung ke ibukota Jawa Tengah ini. Di antaranya Semarang 10K, Semarang Night Carnival, Festival Cheng Hoo, Dugderan dan Festival Goa Kreo.

"Event yang kita siapkan meemang tidak jauh dari tahun lalu, namun untuk tahun depan akan dikemas lebih menarik lagi," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Tidak hanya event yang disiapkan, lanjut Hendrar Prihadi, tetapi guna menunjang dan mempermudah wisatawan yang berkunjung, semua obyek wisata
yang sudah dipersiapkan juga terintegasi dengan transpotasi yang memadai. Sebab seluruh jalur Trans Semarang sudah dibuka hingga sampai ke seluruh destinasi yang ada.

Dengan telah dibenahi seluruh obyek wisata dan event yang telah disiapkan, ujar Hendrar Prihadi, Kota Semarang menargetkan enam juta wisatawan akan datang pada 2020. Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora, Slamet Pamuji bahwa untuk menarik munjungan wisata selain lakukan pembenahan 21 obyek wisata yang ada dan 23 obyek wisata baru di Blora, juga disiapkan puluhan event sepanjang tahun 2020 mendatang.

Event budaya, religi dan juga mengangkat kearifan lokal seperti Samin, demikian Slemet Pamuji, mesih menjadi sesuatu yang menarik bagi wisatawan datang ke Blora. Termasuk berbagai kegiatan lain diantaranya festival barongan, kuliner dan peristiwa budaya yang akan terus diadakan.

"Kemudahan transportasi juga penting. Maka dengan kerja sama dengan pihak kereta api dan tahun depan ada Bandara Ngloram, diharapkan semakin menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah ini," kata Slamet.

baca juga: Hama Wereng Mulai Menyerang Batang Padi di Pidie

Menanggapi kesiapan daerah menyambut para wisatawan pada 2020, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jateng
Sinung N Rachmadi mengatakan beragam kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2020 bisa mendongkrak kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Jawa Tengah.

"Selain itu, untuk mampu memikat wisatawan dengan mengunjungi destinasi pariwisata di Jateng, adalah dengan kehadiran public figure di objek wisata itu," tambahnya. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More