Jumat 13 Desember 2019, 09:00 WIB

Uni Eropa Perpanjang Sanksi Ekonomi untuk Rusia Selama 6 Bulan

Basuki Eka Purnama | Internasional
Uni Eropa Perpanjang Sanksi Ekonomi untuk Rusia Selama 6 Bulan

AFP/Alexey NIKOLSKY/SPUTNIK
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) mengapit Presiden Prancis Emmanuel Macron

 

PEMIMPIN Uni Eropa (UE), Kamis (12/12), memperpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia terkait konflik di Ukraina selama enam bulan.

Keputusan itu terjadi beberapa hari setelah pertemuan di Paris antara Ukraina, Rusia, Prancis, dan Jerman gagal membuat terobosan besar untuk mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama lima tahun.

Sanksi yang mengenai seluruh sektor ekonomi Rusia, termasuk minyak itu, diperpanjang hingga pertengahan 2020.

Baca juga: Partai Konservatif Menang, Johnson Tetap Pimpin Inggris

Sanksi terhadap peran Rusia dalam konflik Ukraina itu pertama kali dijatuhkan setelah pesawat Malaysia Airlines MH17 ditembak jatuh di atas wilayah yang dikuasai pemberontak dukungan Rusia di timur Ukraina pada 2014 dan selalu diperpanjang setiap enam bulan sejak saat itu.

Sebelumnya, Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan pemulihan hubungan dengan Rusia. Namun, UE bersikeras sebelum Pakta Minsk 2015 dipenuhi, tidak akan ada perbaikan hubungan dengan Moskow.

Pakta yang disepakati Moskow dan Kiev bertujuan mengakhiri bentrokan dan mencari solusi politik untuk wilayah Ukraina, Donetsk dan Lugansk. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More