Jumat 13 Desember 2019, 06:50 WIB

Hari Ini, Jokowi akan Lantik Wantimpres

Damar Iradat | Politik dan Hukum
Hari Ini, Jokowi akan Lantik Wantimpres

ANTARA/Asep Fathulrahman
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo akan melantik anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) untuk periode keduanya hari ini, Jumat (13/12) di Istana Negara, Jakarta. Wantimpres akan membantu dan memberi nasihat kepada Jokowi.

"Besok siang rencananya pelantikan wantimpres," kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman kepada wartawan, Kamis (12/12).

Kendati demikian, Fadjroel belum mau banyak bicara siapa saja yang akan dilantik Jokowi menjadi anggota Wantimpres periode 2019-2024.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Wantimpres, Dewan Pertimbangan Presiden adalah lembaga pemerintah yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden sebagaimana dimaksud Pasal 16 Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Baca juga: Besok, Jokowi Lantik Wantimpres

Wantimpres bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden dalam menjalankan kepemerintahan. Nasihat dan pertimbangan disampaikan baik secara perorangan maupun sebagai satu kesatuan seluruh anggota dewan.

Sebelumnya, dikabarkan ada tiga pimpinan partai politik pendukung Jokowi yang akan diangkat menjadi wantimpres. Mereka adalah Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono, dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie.

Pada 2015, Jokowi mengangkat sembilan orang wantimpres yang dilantik di Istana Negara, Jakarta. Mereka yaitu Sidarto Danusubroto (PDI Perjuangan), Subagyo HS (TNI), Yusuf Kartanegara, Hasyim Muzadi (PBNU/almarhum), Suharso Monoarfa (PPP), Rusdi Kirana (PKB), Jan Darmadi (NasDem), Abdul Malik Fadjar (Muhammadiyah), dan Sri Adiningsih (ekonom Universitas Gajah Mada). (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Bawaslu Sayangkan Rendahnya Tingkat Kampanye Daring

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:08 WIB
Mayoritas paslon Pilkada 2020 lebih memilih kampanye tatap muka. Metode ini dianggap rawan menyalahi aturan, salah satunya ketentuan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Dalam Setahun, Kejagung Jatuhkan Sanksi pada 109 Jaksa

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:58 WIB
Pemeriksaan oleh Direktorat Jamwas dilakukan guna menilai tingkat kebenaran dari aduan...
ANTARA/Basri Marzuki

KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2020

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:41 WIB
Jumlah pemilih yang masuk DPT mencapai 100.359.152...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya