Kamis 12 Desember 2019, 18:25 WIB

Wakil Ketua DPR Pasang Badan Untuk Luthfi Pemegang Bendera

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Wakil Ketua DPR Pasang Badan Untuk Luthfi Pemegang Bendera

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Wakil Ketua DPR Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad

 

SEBANYAK tiga anggota DPR RI langsung memasang badan dengan memohon penangguhan untuk Dede Luthfi Afandi pemuda saat aksi RUU KPK memakai pakaian Sekolah di kawasan DPR/MPR RI dan fotonya viral saat memegang bendera yang didakwa melakukan perusakan fasilitas umum dan sedang dalam masa persidangan.

Anggota DPR tersebut ialah Wakil Ketua DPR Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Fraksi Gerindra Habiburokhman, dan Anggota Komisi III Fraksi Demokrat Didik Mukrianto.

"Kita ajukan permohonan penangguhan mengingat beliau masih muda," kata Kuasa Hukum Luthfi, Andres, saat ajukan permohonan penangguhan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (12/12).

Ketua majelis hakim Bintang Al akan merundingkan permohonan tersebut "tentunya oleh majelis permohonan ini akan dimusyawarahkan. Beri kami waktu dan dipahami hal itu," ucapnya.

Diketahui, Luthfi merupakan salah satu pengunjuk rasa RUU KPK, pada 30 September 2019 yang fotonya viral di media sosial. Dirinya didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum dengan empat pasal sekaligus.

Luthfi diduga melakukan melakukan perusakan fasilitas umum milik pemerintah yaitu pot bunga, pembatas jalan, dan pagar pembatas jalan.

Luthfi dijerat empat pasal, yaitu Pasal 170 Ayat (1) KUHP dan Pasal 212 Jo 214 KUHP dengan ancaman penjara di atas 5 tahun. Selain itu juga dijerat dengan Pasal 218 KUHP dengan ancaman penjara 4 bulan 15 hari. (OL-4)

Baca Juga

Ist/DPR

Pemerintah Diminta Tegas tentang Protokol Kesehatan di Sekolah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 10:04 WIB
Pemerintah harus detail dan tegas tentang protokol kesehatan di sekolah, terutama Sekolah Dasar (SD) yang jumlah muridnya bisa mencapai 40...
Ist/DPR

Timwas DPR Minta BPK Awasi Penggunaan Dana Penanganan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 31 Mei 2020, 09:54 WIB
Tim Pengawas (Timwas) Penanganan Bencana Pandemi Covid-19 DPR RI meminta Badan Pemeeiksa Keuangan (BPK) melakukan pengawasan secara detail...
MI/Pius Erlangga

Bawaslu Dorong PKPU Adopsi Protokol Kesehatan

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 31 Mei 2020, 09:49 WIB
Berbagai permasalahan, menurutnya, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi informasi di daerah menjadi hambatan yang perlu dicarikan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya