Kamis 12 Desember 2019, 13:51 WIB

Anies Minta Pembangunan Rumah DP Nol Bisa Dipantau Warga

Tri Subarkah | Megapolitan
Anies Minta Pembangunan Rumah DP Nol Bisa Dipantau Warga

MI/Tri Subarkah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara groundbreaking rumah dp Rp0 di Cilangkap

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan proses groundbreaking pembangunan rumah DP Rp0 Nuansa Cilangkap. Dalam sambutannya, Anies memberikan ultimatum kepada PD Pembangunan Sarana Jaya dan Totalindo Eka Persada sebagai kontraktor.

"Nomor satu adalah soal jadwal. Pastikan jadwal dirancang dengan baik dan lebih cepat, lebih baik. Meskipun sudah ditargetkan 18 bulan, di review lagi, dicek lagi, bila dikerjakan lebih awal, maka lebih baik. Disebut sukses, bila bisa dikerjakan lebih cepat sampai tuntas," tegas Anies di lokasi, Kamis (12/12).

Anies meminta agar jadwal pengerjaan proyek dilakukan secara terbuka, sehingga masyarakat dapat memantau. Ia mencontohkan pembanguan Jakarta International Stadium yang perkembangannya diperbarui tiap minggu.

"Dengan begitu, mereka yang bekerja di sini tahu persis lapornya bukan hanya kepada Pak Yoory (Yoory C Pinontoan, Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya-ed), tapi lapornya kepada seluruh masyarakat Jakarta," kata Anies.

Selain meminta pengerjaan lebih cepat, Anies juga menekankan pembangunan Nuansa Cilangkap harus on budget.

"Jangan lebih cepat, tapi lebih mahal. Lebih cepat dan lebih efisien, lebih murah," ucapnya.

Baca juga: Anies Resmikan Rumah Dp Rp0 di Cipayung

Namun, Anies mengingatkan kecepatan pengerjaan dan efisiensi biaya juga harus diimbangi dengan kualitas. Ia berharap agar Nuansa Cilangkap menjadi hunian yang aman dan berkualitas untuk masyarakat Jakarta.

Anies juga meminta para pekerja saat membangun Nuansa Cilangkap membayangkan proyek yang mereka kerjakan adalah rumahnya sendiri. Dengan perasaan seperti itu, mereka memiliki tanggung jawab lebih besar saat bekerja.

Tidak hanya ke pengembang, Anies juga memberikan pesan kepada masyarakat yang akan mendaftar rumah DP Rp0 untuk mulai menabung. Ia menjelaskan tabungan menjadi pertimbangan Bank DKI untuk menyetujui permohonan cicilan rumah.

"Yang mau minjemin tuh pengen tahu, bayar nggak nih? Betul nggak? Bisa nggak nanti tiap bulan bayar (cicilan)? Terus cara lihatnya bagaimana? Lihat buku tabungan. Ditunjukkan, lihat nih pak buku tabungan saya, setahun terakhir aman. Ibu lihat nih, aman. Buku tabungannya aman, nanti bapak ibu bisa dapat DP Nol rupiah. Jadi mulai nabung," tutur Anies.

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan menargetkan pembangunan Nuansa Cilangkap rampung pada kuartal ketiga 2021. Nantinya, akan ada empat menara yang menempati area seluas 2,9 hektare.

"Satu towernya diperuntukan untuk pembangunan DP Rp0. Minimal jumlah unit yang akan ada kurang lebih 850 unit, karena masih bisa berubah jumlahnya sesuai dengan perencanaan," papar Yoory.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More