Kamis 12 Desember 2019, 13:34 WIB

Mulai Tata Kampung, Jakarta Jadikan Kalibaru Sebagai Proyek Pilot

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Mulai Tata Kampung, Jakarta Jadikan Kalibaru Sebagai Proyek Pilot

ANTARA/Fauzan
Seorang warga menyeberangi aliran Sungai Kalibaru yang tercemar limbah menggunakan perahu di Sukabakti, Tangerang

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan memulai program pengentasan kemiskinan melalui kerja sama dengan berbagai organisasi nonprofit. Sebagai proyek pilot, Pemprov DKI memilih Kelurahan Kalibaru untuk diterapkan kebijakan ini.

Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Penduduk dan Permukiman (Daldukim) Suharti menyebut program penangan kemiskinan itu bisa diterapkan setelah dilakukan berbagai persiapan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi serta organisasi nonprofit.

"Dari masyarakat juga. Untuk memastikan program pengentasan kemiskinan di Jakarta ini bisa berjalan lebih cepat lagi dengan menggunakan pola kolaborasi," kata Suharti di Balai Kota, Kamis (12/12).

Suharti menyebut Kalibaru dipilih berdasarkan kompleksitas permasalahan yang ada.

Baca juga: 2 Tahun, DLH DKI Kumpulkan 53.603 Limbah Elektronik

"Kalibaru itu kemiskinannya kompleks dan jajaran dari Kelurahan juga sangat baik, sehingga kita upayakan bekerja di Kalibaru, setelah itu nanti kita bergerak lebih lanjut dengan mengambil pembelajaran dari Kalibaru," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut kampung-kampung di Jakarta akan ditingkatkan kesejahteraannya melalui gabungan program dari organisasi non profit serta Pemprov DKI.

"Jadi kita ingin kampung-kampung yang sekarang masyarakatnya berstatus sosial ekonomi rendah itu ditingkatkan kesejahteraannya, sehingga nanti kampungnya pun menjadi kampung yang baik dan sehat," tegasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More