Kamis 12 Desember 2019, 09:41 WIB

Pakar Tsunami Jepang Akan Hadiri Peringatan 15 Tahun Tsunami Aceh

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Pakar Tsunami Jepang Akan Hadiri Peringatan 15 Tahun Tsunami Aceh

MI/Amiruddin Abdullah Reubee
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin

 

PERINGATAN 15 tahun tsunami Aceh, pada 26 Desember 2019 akan dihadiri oleh Profesor Nishi dari Kyoto University, Jepang. Nishi adalah pakar tsunami Internasional berpengalaman tetang bencana gempa bumi dan gelombang tsunami yang dalam bahasa Jepang disebut pelabuhan gelombang (tsunami).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, kepada Media Indonesia, Kamis (12/12/2019) mengatakan, kesediaan Nishi menghadiri peringatan 15 tahun tsunami telah mendapat konfirmasi dari yang bersangkutan. Selama di Aceh Nishi diminta untuk menyumbang ilmu pengetahuannya tentang fenomena alam tersebut.

"Kita juga harapkan Perintah Kabupaten Pidie sebagai tuan rumah tempat diselenggarakan acarara peringatan 15 tahun tsunami, perlu mempersiapkan agenda khusus untuk memanfaarkan kehadiran pakar tsunami internasional itu," kata Jamaluddin.

Kesediaan pakar tsunami asal negeri matahari terbit itu menghadiri peringatan 15 tahun tsunami Aceh disambut baik oleh masyarakat Aceh. Apalagi akademisi dari Kyoto University tersebut pernah melakukan penelitian tetang tsunami Aceh.

baca juga: Gubernur Babel Akan Tindak Tegas Kapal Trawl

"Negeri ini rawan gempa dan pernah dilanda tsunami besar. Kehadiran pakar tsunami dari Jepang itu bukan saja sebagai persaudaraan, tapi lebih banyak yang perlu digali. Baik ilmu pengetahuian atau apa yang harus dilakukan untuk menyikapi daerah rawan bencana ini" tutur Farida Hanum, warga Kabupaten Pidie. (OL-3)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Kasus Positif Turun Drastis, Muba Masuk Zona Oranye

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 09:01 WIB
Kini Kabupaten Musi Banyuasin masuk zona oranye mulai 18 Oktober 2020. Hal ini didasari dengan makin turun kasus covid-19  dan...
MI/Lilik Darmawan

Nelayan Lakukan Efisiensi dengan Konversi di Masa Pandemi

👤Lilik Darmawan 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:37 WIB
"Jika dengan premium dibutuhkan 7-10 liter setiap harinya, dengan elpiji 3 kilogram, paling hanya 1-2...
MI/Amiruddin Abdullah Reubee

Unsyiah Perpanjang Kuliah Daring Sampai Desember

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 08:28 WIB
Masih tingginya kasus covid-19 di Aceh membuat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh memperpanjang masa kuliah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya