Kamis 12 Desember 2019, 09:20 WIB

Ini Fakta-Fakta Mengenai UN yang akan Dibatalkan Nadiem

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Ini Fakta-Fakta Mengenai UN yang akan Dibatalkan Nadiem

ANTARA/Olha Mulalinda
Pelajar SMP saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di ruang kelas SMP Negeri 5 Kota Sorong, Papua Barat.

 

MENTERI Pendidikan Nadiem Makarim memutuskan pada 2020 akan menjadi tahun terakhir pelaksanaan ujian nasional (UN) di Indonesia. Penyelenggaraan UN selanjutnya akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter. Asesmen ini terdiri dari kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter.

Berikut adalah beberapa fakta mengenai ujian nasional yang dikumpulkan Tim Riset Media Indonesia.:

1. Siswa, guru, dan sekolah hanya fokus pada nilai, bukan kompetensi. Jika pun nilai anak tinggi dalam UN, itu bukan representasi kompetensi mereka. Sebabnya, bentuk soal pilihan ganda dalam UN hanya mengetes ranah kognitif level rendah, yaitu tahu, mengerti, dan hafal.

2. Banyak kecurangan yang terjadi, misalnya, kebocoran soal yang terjadi setiap tahun di berbagai daerah, salah satunya kasus kebocoran soal ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di SMPN 54 Surabaya.  

Baca juga: Kaji Asesmen Pengganti UN

3. UN membuat orangtua menjadi cemas sehingga mendorong anak mengikuti bimbel agar lulus UN. Banyaknya bimbel ini membuat anak merasa tertekan juga mengganggu kesehatan mereka dan kualitas komunikasi dengan orangtua.

4. Pihak sekolah merasa tertekan jika ada/banyak siswa yang tidak lulus. Akibatnya, banyak sekolah melakukan istigasah. Bahkan, ada sekolah yang melakukan kecurangan dengan membocorkan soal agar seluruh siswa dapat lulus 100% dan mencapai nilai tinggi. (OL-2)

Baca Juga

MI/SUSANTO

Masih Jalani Perawatan, Begini Kondisi Terkini Budi Karya Sumadi

👤Astri Novaria 🕔Selasa 31 Maret 2020, 21:02 WIB
Lewat instagram pribadinya, mantan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menampilkan ulang video yang sebelumnya diunggah oleh Andre Opa...
Antara/Rahmad

Pemerintah Wajib Penuhi Hak Dasar Warga Negara di Tengah Pandemi

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:28 WIB
Setiap kebijakan yang menjadi keputusan pemerintah harus efektif dan tetap menjamin keberlangsungan hidup...
Ilustrasi

Kemendikbud Imbau Guru Tidak Memanipulasi Nilai Rapor

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:10 WIB
Kejujuran sangat penting, jadi guru jangan berkolaborasi untuk meluluskan dengan cara-cara yang tidak benar sehingga kepercayaan ini akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya