Kamis 12 Desember 2019, 06:28 WIB

Tim Debutan Liga Champions, Atalanta, Lolos ke 16 Besar

Riyan Ferdianto | Sepak Bola
Tim Debutan Liga Champions, Atalanta, Lolos ke 16 Besar

AFP/Sergei SUPINSKY
Pemain Atalanta Robin Gosens merayakan golnya ke gawang Shakhtar Donetsk bersama rekan-rekan setimnya.

 

ATALANTA memastikan tiket ke 16 besar Liga Champions 2019--2020. Kepastian itu mereka dapat usai mengalahkan Shakhtar Donetsk dengan skor 3-0, Kamis (12/12) dini hari WIB.

Berstatus sebagai tim tamu tidak membuat Atalanta gentar. Wakil Italia tersebut mampu menekan tim tuan rumah di menit-menit awal pertandingan.

Peluang pertama lahir pada menit kelima melalui aksi Mario Pasalic. Namun percobaan pemain Atalanta itu masih melebar.

Dua menit kemudian Atalanta kembali mengancam. Luis Muriel melesatkan sontekan keras yang masih bisa diantisipasi dengan baik oleh penjagawang Shakhtar Donetsk.

Tim tuan rumah perlahan mencoba keluar dari tekanan tim tamu. Taison mendapat peluang dan langsung melesatkan sontekan kaki kanan, namun masih bisa diblok pemain belakang Atalanta.

Baca juga: Jesus Hattrick, Manchester City Lumat Dinamo Zagreb

Jual beli serangan terus diperlihatkan kedua tim hingga pertengahan babak pertama. Peluang demi peluang didapat kedua tim, namun belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-37, Shakhtar Donetsk nyaris membuka keunggulan melalui sundulan Moraes. Namun, sundulannya masih membetur tiang gawang. Hingga babak pertama usai skor kaca mata tidak berubah.

Memasuki babak kedua, situasi pertandingan tidak berubah. Kedua tim sama-sama bermain agresif untuk mencari gol.

Atalanta yang beberapa kali mendapat peluang akhirnya sukses memecah kebuntuhan pada menit ke-66. Tembakan keras yang dilesatkan Timothy Castagne tidak mampu diantisipasi oleh kiper tuan rumah. Skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal, Shakhtar Donetsk mencoba bangkit. Bukan mencetak gol, mereka malah harus bermain dengan sepuluh pemain usai Dodo menerima kartu merah.

Situasi tersebut berhasil dimanfaatkan Atalanta. Pada menit ke-80, mereka berhasil memperbesar keunggulan menjadi 2-0 berkat gol yang dicetak oleh Mario Pasalic.

Jelang menit-menit akhir pertandingan, tim tuan rumah terus berusaha mencetak gol. Namun, upaya mereka tidak membuahkan hasil.

Bukan mencetak gol, gawang Shaktar Donetsk kembali kebobolan jelang bubar. Robin Gosens memastikan kemenangan Atalanta menjadi 3-0.

Dengan kemenangan ini Atalanta, yang baru pertama kali berlaga di Liga Champions, secara mengejutkan mampu mendapatkan hasil yang dibutuhkannya untuk lolos ke babak 16 besar.

Awalnya, berada di peringkat 4 Grup C, Atalanta tiba-tiba melesat ke posisi kedua usai Dinamo Zagreb tumbang 4-1 dari Manchester City. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More