Rabu 11 Desember 2019, 16:15 WIB

UBM Tuan Rumah Pelatihan Dosen Bahasa Mandarin Se-Indonesia

mediaindonesia.com | Humaniora
UBM Tuan Rumah Pelatihan Dosen Bahasa Mandarin Se-Indonesia

Dok. UBM
Pelatihan Bahasa Mandarin di UBM

 

PROGRAM Studi Bahasa dan Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia bekerja sama dengan Asosiasi Pendidikan Bahasa Mandarin Indonesia (APSMI) dan Perkumpulan Pendidikan Bahasa Tionghoa Indonesia (Perdiktindo), kembali mengadakan kegiatan Pelatihan Dosen Bahasa Mandarin Indonesia, 2-5 Desember.

Kegiatan Pelatihan itu merupakan kegiatan pelatihan rutin yang kedua kalinya dilaksanakan dalam skala nasional . Pelatihan diadakan di The UBM Premiere, Kampus Ancol, dan dihadiri lebih dari 50 peserta yang merupakan dosen Bahasa Mandarin di Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Ketua Program Studi Sastra Tiongkok UBM Symphony Akeiba Christian mengatakan, pelatihan dosen Bahasa Mandarin Indonesia itu membawakan topik-topik yang berkaitan untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang diharapkan dapat menambah pengetahuan di bidang penelitian, pengajaran bahasa dan budaya Tionghoa.

"Serta memberikan hal-hal praktis yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kelas sehingga dapat meningkatkan kualitas pengajaran dosen bahasa Mandarin di Indonesia demi peningkatan kualitas sumber daya manusia," kata Symphony yang juga ketua panitia acara dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Mahasiswa Ajak Peserta Didik untuk Peduli Lingkungan

Peserta yang hadir dan berasal dari 17 Perguruan Tinggi di 7 provinsi (9 kota).

Ketua Umum Asosiasi Program Studi Mandarin Herman mengatakan, para pembicara yang dihadirkan dalam pelatihan merupakan para profesor dari dalam dan luar negeri serta pengajar senior yang merupakan ahli di bidangnya.

Diantaranya ialah Prof. Zhang Jinqiao dari Universitas Jinan, Tiongkok dan Prof. Hermina Sutami dari Universitas Indonesia.

Ketua Perhimpunan Pendidikan Bahasa Tionghoa Indonesia Zheng Jieshan, mengatakan, terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut merupakan bukti nyata usaha dan peran serta Program Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia, Perkumpulan Pendidikan Bahasa Tionghoa Indonesia dan Program Studi Budaya Tionghoa Universitas Bunda Mulia turut aktif dalam lingkup besar pengembangan pengajaran bahasa dan budaya Mandarin di Indonesia serta meningkatkan mutu SDM pengajarnya. (RO/OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More