Rabu 11 Desember 2019, 22:04 WIB

Bucin, Nadiem, dan Telur Gulung di Penelusuran Trending 2019

Fathurrozak | Weekend

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, menjelang tutup tahun ini, Google merilis daftar pencarian populer selama 2019. Film Dua Garis Biru masuk dalam daftar 10 tren terpopuler dicari. Beberapa peristiwa lain, seperti pemilihan presiden (Pilpres) juga masuk penelusuran trending, mencerminkan dinamika Indonesia sepanjang tahun 2019.

Ada sembilan kategori yang dikelompokkan Google dengan merilis 10 daftar pada tiap seksi. Untuk mendapat data ini, Google tidak hanya bersandar pada yang paling banyak dicari, melainkan juga kata kunci yang mengalami peningkatan pencarian bila dibandingkan dengan tahun lalu. Sembilan kategori tersebut ialah, Penelusuran Terpopuler, Peristiwa Nasional, Lagu, Film, Tokoh, Resep, Bagaimana cara, Apa itu, dan kategori khusus Kepergian Tokoh.

Kategori terakhir dimunculkan sebab pada tahun ini banyak sosok atau tokoh penting berpulang. Perilisan daftar paling banyak di tiap seksinya terdapat 10 kata kunci, dan tidak diurutkan berdasar ranking.

"Sebetulnya metode untuk mendapat queries tidak menunjukkan nilai absolut dari yang paling banyak dicari. Melainkan juga berdasarkan peningkatan pencarian kata kunci. Peningkatan pencarian bisa terjadi ada peristiwa yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Misalnya ada berita, sehingga orang penasaran," papar Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utami pada konferensi pers Google Year in Search 2019, di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu, (11/12).

Pada kategori Penelusuran Terpopuler, inilah 10 pencarian terbanyak hingga  28 November 2019.

Cinta Luar Biasa

Pilpres 2019

Dua Garis Biru
Waktu pencarian dengan kata kunci ini memuncak pada periode 14-20 Juli. Film yang kemudian mendapat penghargaan Piala Citra 2019 untuk skenari asli terbaik ini mulai beredar pada 11 Juli. Artinya, mengalami peningkatan pencarian tiga hari sejak penayangannya. Film ini pun menurut data filmindonesia.id menjadi film kedua terbanyak hingga data awal Desember, dengan jumlah 2.538.473. Sebelumnya, pada periode Mei, setelah trailernya rilis, film ini mendapat petisi penolakan. Peristiwa ini juga disinyalir turut menyumbang peningkatan penelusuran. Secara jumlah total penelusuran, Dua Garis Biru paling banyak ditelusuri dari Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, dan Kalimantan Timur daerah asal sang sutradara, Gina S. Noer.

Hidup Sehat

Bucin
Kata yang cukup populer digunakan sebagai bahasa slank di kalangan anak muda ini awalnya merupakan terma yang diciptakan oleh duo Youtuber Jovial da Lopez dan Andovi da Lopez. Awalnya kata ini muncul pada salah satu tayangan di kanal Youtube mereka, SkinnyIndonesia24 pada 7 Juli 2015 dengan judul tayangan BUCIN-Budak Cinta.

KKN Desa Penari
Kisah horor viral yang berupa rentetan cuitan di Twitter dan akan tayang dalam bentuk film pada tahun depan.

Telur Gulung

Keluarga Cemara
Film yang rilis awal Januari 2019 ini merupakan alihwahana dari karya mendiang penulis Arswendo Atmowiloto, yang sebelumnya juga telah menjadi mini seri di TVRI. Film ini belakangan menggondol Piala Citra 2019 untuk kategori skenario adaptasi terbaik, di samping nominasi di kategori film terbaik dan pemeran utama pria terbaik.

Nadiem Makarim
Rising star yang berawal dari start-up GO-JEK, dan kini menjadi menteri termuda di Kabinet Kerja yang menakhodai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

RUU KUHP

Adapun 10 pencarian terpopuler pada kategori Peristiwa Nasional ialah sebagai berikut:

Audrey
Awalnya berupa berita tentang perundungan seorang siswi SMP di Pontianak. Belakangan diketahui tak seluruh cerita korban benar.

Cacar Monyet

Sidang MK

Tangkuban Perahu

Kompensasi PLN

BMKG gempa

RUU KPK
Pada September, revisi UU KPK disahkan hanya dalam tempo 13 hari setelah diajukan sebagai inisiatif DPR. UU tersebut kemudian diikuti gelombang aksi demonstrasi oleh mahasiwa di sejumlah daerah.

Mobil Esemka

Kecelakaan Tol Cipularang

MRT Jakarta
Diresmikan pada Maret 2019, layanan yang dinamai Ratangga ini merupakan kebanggaan baru Ibu Kota. (M-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More