Rabu 11 Desember 2019, 21:45 WIB

Kemenpora Diminta segera Inventarisasi Atlet

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Kemenpora Diminta segera Inventarisasi Atlet

ANTARA
Kontingen Indonesia di SEA Games 2019

KONTINGEN Indonesia mengamankan peringkat empat SEA Games 2019 Filipina, setelah mengumpulkan 72 medali emas, 84 perak, dan 111 perunggu pada Rabu (11/12).

Tim kontingen Indonesia gagal wujudkan keinginan Presiden Joko Widodo menjadi dua besar atau menempati peringkat kedua di ajang multicabang olahraga dua tahunan itu. Target diberikan setelah tim Merah Putih menempati peringkat kelima di SEA Games 2017 Malaysia, dengan raihan 38 medali emas, 63 perak, dan 90 perunggu.

Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi, mengatakan, jika capaian Indonesia di SEA Games 2019 sudah baik lantaran mampu naik satu peringkat jika dibandingkan dengan saat bertarung di SEA Games 2017 Malaysia.

"Dengan target runner up memang harus ada gebrakan besar secara nasional, tidak hanya slogan namun harus program nyata dan memerlukan biaya cukup besar," tutur Yoyok kepada Media Indonesia, Rabu (12/11).


Baca juga: SEA Games 2019 Ditutup, Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021


Namun, ia menggarisbawahi bahwa Pemerintah harus lebih berkonsentrasi melakukan pembinaan atlet pada cabor unggulan. Hal ini supaya pembinaan atlet lebih merata baik di tingkat pusat, daerah (provinsi) dan kabupaten/kota.

Selain itu, Yoyok ingin para pemangku olahraga Indonesia, seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga, Komite Olahraga Indonesia, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia segera melakukan inventarisasi atlet dan target untuk Olimpiade.

Ia pun ingin para stakeholder olahraga ini segera menyiapkan langkah-langkah konkret untuk mewujudan target tersebut.

"Langkah konkret Komisi X tentu sesuai tupoksi kita, kita akan dukung dengan anggaran APBN untuk Kemenpora, KONI, dan KOI. Tapi harus jelas usulan program-programnya, harus jelas dan bisa dihitung," tuturnya. (OL-1)

 

 

Baca Juga

JOE KLAMAR / AFP

MotoGP Austria: Vinales Kembali Pulih dan Rebut Pole dari Miller

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 21:23 WIB
Pembalap asal Spanyol itu menunjukan performa baiknya pada balapan hari Sabtu, dia langsung memasuki Q2 di FP3 dan merebut posisi puncak...
AFP/Matthias Hangst

Cheptegei Bukukan Rekor Dunia Lari di Tengah Pandemi

👤Antara 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 09:11 WIB
Ia berhasil mencatatkan waktu 12 menit, 35,36 detik, mempertajam catatan Kenenisa Bekele 12 menit 37,35 detik yang dicetak di Belanda pada...
AFP/Matthias Hangst

Cheptegei Pecahkan Rekor Dunia Lari 5000 Meter Ptera

👤Widhoroso 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 03:48 WIB
Cheptegei membukukan waktu 12 menit 35,36 detik. Catatan waktu itu memecahkan rekor sebelumnya milik pelari Ethiopia Kenenisa Bekele dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya