Kamis 12 Desember 2019, 00:20 WIB

Atiqah Hasiholan Ditunjuk sebagai Duta HIV/AIDS

Indriyani Astuti | Hiburan
Atiqah Hasiholan Ditunjuk sebagai Duta HIV/AIDS

Dok. MI
Atiqah Hasiholan

 

AKTRIS Atiqah Hasiholan, 37, ditunjuk sebagai UNAIDS National Goodwill Ambassador untuk Indonesia yang akan fokus pada isu terkait dengan HIV dan Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), khususnya pada perempuan dan anak. Atiqah mengaku sangat bangga bisa terlibat dan ditunjuk sebagai duta dari lembaga tersebut.

"Saya merasa terhormat dengan peran baru yang dipercayakan kepada saya. Sebagai seorang perempuan dan juga seorang ibu, saya percaya bahwa semua perempuan harus mengetahui status HIV mereka," kata Atiqah.

"Dengan mengetahui status mereka, nantinya mereka juga akan bisa mencegah penularan HIV dari ibu ke anak," jelasnya.

Atiqah menambahkan, masih banyak stigma yang diterima ODHA dari masyarakat sehingga menurutnya ini ialah pekerjaan yang tidak mudah. "Yang paling kita sulit adalah memberantas stigma negatif, tapi saya percaya hal itu akan bisa kita atasi dengan cara kita sendiri karena di setiap negara memiliki cara tersendiri untuk mengatasi itu semua," ujar perempuan kelahiran 3 Januari 1982 itu.

UNAIDS dan Atiqah telah menjalin kerja sama sejak lama untuk mengampanyekan pemberantasan stigma ODHA di Indonesia.

"Dalam beberapa tahun belakangan, UNAIDS Indonesia telah bekerja sama dengan Atiqah Hasiholan secara ad hoc, khususnya dalam kampanye nol diskriminasi untuk ODHA dan Hari Aids Sedunia," ungkap UNAIDS Indonesia Country Director, Krittayawan Boonto, di Salihara, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Sebagai Godwill Ambassador, istri aktor Rio Dewanto ini akan terlibat dalam berbagai kunjungan lapangan, seperti mengunjungi fasilitas kesehatan dan organisasi komunitas yang bergerak di bidang HIV.

"Nantinya saya akan menekankan pentingnya untuk pencegahan, tes, dan pengobatan HIV mereka sekaligus mempromosikan nol diskriminasi bagi ODHA kepada masyarakat," tutur Atiqah yang mendapatkan Piala Citra untuk Pemeran Wanita Terbaik 2009 melalui film Ruma Maida.

 

Sutradara

Bekerja sama dengan UNAIDS dan Visinema Pictures, Atiqah juga meluncurkan film berdurasi 15 menit berjudul Posi(+)if untuk mengedukasi masyarakat tentang HIV/AIDS. Film ini dibintangi Oka Antara dan Della Dartyan. Meski bertujuan edukasi, film ini mengandung unsur hiburan sehingga pesan disampaikan secara tersirat.

Atiqah merasa puas dengan debutnya sebagai sutradara di film tersebut sehingga berniat menggarap film lain. Menurutnya, untuk pengalaman pertama menjadi seorang sutradara ia merasa puas dengan karya yang baru saja ia rilis. Bahkan, saat ini ia mengaku lebih nyaman berada di belakang layar.

"Aku bukan tipe sutradara yang membuat film dari cerita sebuah buku atau novel. Kalau aku lebih ke apa yang ingin aku sampein atau terhadap keresahan yang aku ingin sampaikan ke masyarakat," terang Atiqah.

Ia menambahkan, ia mendapat kepuasan batin dengan berperan di belakang layar. "Karena kita bisa menyampaikan apa yang mau kita sampaikan secara audio dan visual dan itu ada kepuasan tersendiri," jelas Atiqah yang lama bergabung dengan teater Satu Merah Panggung. (Ant/H-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More