Rabu 11 Desember 2019, 16:56 WIB

Lima Nama Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum PPP

M. Iqbal Al Machmudi | Politik dan Hukum
Lima Nama Ramaikan Bursa Calon Ketua Umum PPP

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
WAKIL Sekjen PPP Achmad Badoui

 

WAKIL Sekjen PPP Achmad Badoui mengungkapkan telah muncul lima nama yang akan maju di bursa bakal calon ketua umum PPP. Lima nama tersebut berasal dari aspirasi yang muncul dari daerah-daerah.

"Paling tidak nama-nama yang disebut di daerah itu, untuk punya kans maju, punya peluang, dan punya kemampuan untuk maju, ini berdasarkan informasi dari grup WhatsApp atau diskusi langsung ketika kita turun ke bawah," ungkap Badoui di Gedung PPP, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).

"Pertama, Plt Ketum Suharso Munarfa, Kedua, Wakil Ketua Umum Mardiono, Ketiga, Sekjen Arsul Sani, Keempat, Wakil Ketua Pertimbangan Bapak Ahmad Mukowam, Kelima, Waketum sekaligus Ketua Fraksi PPP DPR Bapak Amir Buskara," jelas Badoui.

Namun, kandidat yang diprediksi maju tersebut masih tergantung mekanisme forum atas kesepakatan Muktamirin. Dan tergantung proses politik yang menentukan.

"Ya sebenarnya dibilang kuat tidak, tapi dibilang tidak kuat juga tidak. Saat ini kita persiapan Mukernas, nah di tengah perjalanan Mukernas ada aspirasi yang muncul dari kader-kader di daerah dan DPC-DPC. Kapan itu bisa dilihat? Ya pas nanti pelaksanaan Muktamar, yang waktunya baru akan ditentukan dalam Mukernas," jelasnya.

Dalam AD/ART PPP diatur bagaimana cara mekanisme maju sebagai calon ketua umum. Diantaranya adanya musyawarah mufakat. Apabila itu tidak tercapai, dilakukan dengan pemungutan suara terbanyak.

"Terus ada juga mekanisme formatur. Ada tiga pilihan yang bisa dilakukan. Itu semua kami serahkan kepada Muktamirin ketika pelaksanaan Muktamar," Tandasnya.

Diketahui PPP akan menggelar Mukernas ke V pada tanggal 14 hingga 16 Desember 2019 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Tema yang diusung kali ini ialah 'mempertegas Komitmen Keislaman dan Kebangsaan'. (Iam/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Mohammad Ayudha

Bawaslu Sayangkan Rendahnya Tingkat Kampanye Daring

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 11:08 WIB
Mayoritas paslon Pilkada 2020 lebih memilih kampanye tatap muka. Metode ini dianggap rawan menyalahi aturan, salah satunya ketentuan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Dalam Setahun, Kejagung Jatuhkan Sanksi pada 109 Jaksa

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:58 WIB
Pemeriksaan oleh Direktorat Jamwas dilakukan guna menilai tingkat kebenaran dari aduan...
ANTARA/Basri Marzuki

KPU Tetapkan Jumlah DPT Pilkada 2020

👤Anggitondi Martaon 🕔Selasa 27 Oktober 2020, 07:41 WIB
Jumlah pemilih yang masuk DPT mencapai 100.359.152...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya