Rabu 11 Desember 2019, 16:10 WIB

Tak Berkontribusi pada Desa, Presiden: Revitalisasi BUMDes

Akmal Fauzi | Politik dan Hukum
Tak Berkontribusi pada Desa, Presiden: Revitalisasi BUMDes

MI/Pius Erlangga
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terus direvitalisasi lantaran banyak yang tidak berkontribusi terhadap pendapatan desa.

Berdasarkan laporan yang diterima Presiden, sekitar 2.188 BUMDes tidak beroperasi dan sebanyak 1.670 tidak memberikan kontribusi optimal terhadap pendapatan desa.

“Karena ini bagian dari penciptaan lapangan kerja secara besar-besaran. Oleh karena itu, BUMDes harus direvitalisasi sebagai penggerak ekonomi di desa," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas terkait penyaluran dana desa tahun 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12).

Jokowi menjelaskan BUMDes bisa dioptimalkan dengan dana desa yang disalurkan pemerintah. Presiden juga mengingatkan BUMDes yang didanai dengan dana desa bisa melakukan kemitraan dengan sektor-sektor swasta besar.

Baca juga: IPB Berikan Solusi Persoalan BUMDes di Jabar

Jokowi mencatat total dana desa yang dialokasikan dalam APBN selama kurang lebih 5 tahun ini sebesar Rp329,8 triliun. Pada APBN 2020, anggaran dana desa akan meningkat menjadi Rp72 triliun.

“Dengan jumlah yang makin meningkat, saya ingatkan agar penyalurannya betul-betul efektif dan memiliki dampak signifikan pada desa," ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta dana desa untuk tahun 2020 sudah mulai dimanfaatkan di Januari. Selain itu, lanjut dia, dana desa harus diutamakan untuk program padat karya, yang memberikan kesempatan bekerja bagi mereka yang miskin serta menganggur di desa.

Presiden juga menekankan dana desa bisa dioptimalkan ke sektor produktif seperti pengolahan pascapanen, industri-industri kecil dan mikro, budidaya perikanan, desa wisata serta industrialisasi pedesaan.

Lebih lanjut, Jokowi meminta penggunaan Dana Desa didampingi manajemen lapangan.

"Sehingga tata kelola semakin baik, akuntabel, transparan dan pelibatan partisipasi warga desa dalam pengawasan dana desa sangat diperlukan," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Bakamla RI

Cegah Covid-19, Bakamla Pastikan TKI Kembali Lewat Jalur Legal

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:05 WIB
TKI yang pulang melalui jalur tikus khususnya dari Malaysia akan diarahkan ke dua pelabuhan resmi yakni Batam dan Tanjung Balai Karimun...
MI/M Irfan

Anggota Fraksi NasDem DKI Sumbang Gaji 5 Bulan untuk Covid 19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 31 Maret 2020, 19:00 WIB
Atas dasar kemanusian seorang anggota DPRD DKI sumbangkan gaji dan tunjangan selama lima bulan kedepan untuk penanganan covid 19 di Ibu...
Ilustrasi

PLN Akan Bebaskan Tagihan Listik 450 Va

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Selasa 31 Maret 2020, 18:51 WIB
PLN bebaskan pembayaran listrik bagi 24 juta pelanggan dengan daya 450 Volt Ampere (Va) serta diskon pembayaran 50 persen untuk tujuh juta...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya