Rabu 11 Desember 2019, 14:30 WIB

Fasilitas Water Birth Diusulkan Lebih Banyak, Ini Sebabnya..

Suryani Wandari | Weekend
Fasilitas Water Birth Diusulkan Lebih Banyak, Ini Sebabnya..

Dok waterbirth.org
Temuan tim Universitas Michigan di Amerika Serikat menyimpulkan jika water birth membantu meminimalkan rasa sakit.

METODE melahirkan di air atau water birth sudah semakin dikenal di Indonesia. Sejumlah selebritas, seperti Andien dan Widi Mulia juga memilih metode tersebut.

Salah satu keunggulan water birth yang banyak dibicarakan adalah meminimalkan rasa sakit melahirkan. Lalu benarkah hal itu?

Studi yang dilakukan para ilmuwan University of Michigan, Amerika Serikat (AS), nyatanya mengamini hal itu. Perempuan yang memilih melahirkan dalam air mengalami lebih sedikit rasa sakit ketimbang yang melahirkan normal di tempat tidur.

Kesimpulan tersebut didapatkan setelah tim Tim membandingkan kelahiran dengan water dengan kelahiran di tempat tidur di dua unit kebidanan di AS. Dalam berita yang dilansir Daily Mail baru-baru ini, hasil studi tim itu menunjukkan tidak ada perbedaan dalam tingkat komplikasi.

Temuan mereka menambah lebih banyak bukti tentang keamanan kelahiran di kolam. Perempuan yang menjalani water birth ditemukan lebih sedikit menahan air mata, yang mungkin karena air membantu peregangan jalan lahir.

Atas termuan tersebut, Ruth Zielinski, doktor bidang keperawatan yang juga penulis studi itu berpendapat bahwa lebih banyak fasilitas harus menawarkan water birth dan memiliki pedoman untuk mengimplementasikannya. Ia pun mengemukakan jika bersantai di bak air juga dapat dijadikan cara untuk merelaksasi ibu sebelum melahirkan.

Di Inggris, metode water birth sudah lebih populer. Sekitar satu dari sepuluh calon ibu memilih melahirkan bayi seperti ini.

Namun kondisi itu belum terjadi di AS dan banyak negara lainnya. Zielinski menilai hal itu terjadi karena petugas kesehatan tidak merekomendasikannya karena kurangnya bukti konklusif tentang risiko dan manfaatnya.

Meski begitu fasilitas yang menyediakan water birth juga harus mengikuti pedoman yang ketat, termasuk soal kebersihan. Pembersihan bak sangat penting untuk menghindari risiko infeksi. Selain itu mereka juga harus mengikuti pedoman penyetelan suhu air.

"Penting untuk tidak merendam kembali bayi begitu mereka diangkat perlahan-lahan dari air karena paru-paru mereka dapat terisi penuh dengan air," sebut Zielinski soal pedoman lain bagi bayi water birth. (M-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More