Rabu 11 Desember 2019, 13:24 WIB

PMI Pangkalpinang Temukan 16 Sampel Darah Terindikasi HIV

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
PMI Pangkalpinang Temukan 16 Sampel Darah Terindikasi HIV

Antara
Ilustrasi

 

SEJAK Januari hingga November tahun ini tercatat ada 16 sampel darah di PMI Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung terindikasi HIV (Human Immunodeficiency Virus). Kepala Bidang Pelayanan Darah PMI Kota Pangkalpinang, Sjenileila Boer membenarkan ada 16 sampel darah dari pendonor terindikasi HIV.

"Memang ada yang mendonor darah lalu pas kita lakukan tahap penyeleksiaan ternyata darah tersebut terindikasi HIV, tapi jangan khawatir karena darah tersebut tentu tidak akan kita gunakan," kata Sjenileila Boer, Rabu (11/12/2019).

Ia menyebutkan, sebelum darah dari para pendonor diberikan ke pihak rumah sakit, darah tersebut terlebih dahulu dilakukan pengecekan di laboratorium.

baca juga: Sumut Lirik Pengembangan Sport Tourism

"Jadi setiap darah dari para pendonor kita butuh waktu untuk pengecekannya, memisahkan dari yang sakit dengan yang tidak sakit. Dan kalau ketemu darah yang sakit tentu langsung kita musnahkan," ungkap dia.

Menurutnya, darah yang sudah sampai ke pihak rumah sakit atau yang membutuhkan tentu sudah melewati tahap penyeleksian dari pihak PMI Pangkalpinang. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More