Rabu 11 Desember 2019, 12:07 WIB

RS Bali Mandara Tetap Pertahankan Pasien BPJS

Arnoldus Dhae | Nusantara
RS Bali Mandara Tetap Pertahankan Pasien BPJS

Antara
Ilustrasi

 

DIREKTUR RS Bali Mandara, Bagus  Darmayasa mengatakan tetap berkomitmen melayani pasien peserta BPJS tanpa memperhitungkan untung rugi. Menurutnya, Pemerintah Provinsi Bali sengaja membangun rumah sakit yang bagus, pelayanan yang baik dan ruangan yang nyaman, agar masyarakat dapat merasakan dan menikmati pelayanan kesehatan dengan baik tanpa membedakan asal, strata dan unsur pembeda lainnya.

"Dengan filosofi dan motto demikian maka ketika BPJS tersandung masalah secara nasional maupun lokal yang berakibat pada tersendatnya pembayaran klaim ke RS dan fasilitas kesehatan lainnya, termasuk RSUD Bali Mandara,  kami tetap tegar memberdayakan potensi dan fasilitas yang ada. Untuk mempertahankan pelayanan berkualitas kepada pasien peserta BPJS," ujarnya di Denpasar, Rabu (11/12/2019).

Dirut yang menekuni dunia seni itu mengakui bahwa ketika pembayaran klaim BPJS kepada RS Bali Mandara mengalami penundaan, ada masalah internal yang harus dihadapi seperti pengadaan rutin untuk obat dan fasilitas pelayanan. Namun, justru kondisi demikian menjadi tantangan bagi segenap karyawan dan pimpinan untuk mencari solusi. Salah satu solusi yang diambil adalah mengefektifkan penggunaan obat dan fasilitas pelayanan hanya untuk yang paling urgent menurut pertimbangan yang matang.

Waktu rawat inap kian selektif hanya untuk yang benar-benar perlu sehingga sirkulasi pelayanan dan pamanfaatan sumber daya di RS Bali Mandara menjadi efektif.

Pada saat yang sama, ada fasilitas kesehatan lainnya mulai menolak pasien peserta BPJS, maka jumlah kunjungan di RS Bali Mandara mengalami peningkatan. Menghadapi kenyataan itu, petugas medis yang jumlahnya tetap, digerakkan untuk mengefektifkan pelayanan, petugas bidang administrasi dan non medis lainnya tetap sigap di bidangnya. Dan sedapat mungkin membantu petugas medis untuk hal-hal yang bisa dibantu.

baca juga: Kalsel Cari Investor Bangun Infrastuktur Dukung Ibukota Negara

"Sekarang, meski beban bayar pasien peserta BPJS mengalami kenaikan, namun menurut prediksi kami, pasien BPJS di Bali akan tetap bertambah. Mengapa? Karena bagaimanapun, dibanding dengan asuransi lainnya, BPJS tetap menjadi asuransi kesehatan termurah," ujarnya. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More